Sebelum Beli Hewan Kurban, Pastikan Cek Tiga Bagian Ini

gomuslim.co.id – Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah pada 31 Juli mendatang, sebagian umat Islam yang berniat menunaikan ibadah kurban mulai memburu hewan kurban. Calon pekurban mulai mencari sapi, kambing atau domba.

Namun, perayaan Idul Adha tahun ini yang harus berlangsung secara berbeda lantaran wabah pandemi COVID-19. Ini membuat para penjual maupun pembeli hewan kurban harus mematuhi protokol kesehatan.

Untuk itu, para penyedia hewan kurban pun memiliki cara masing-masing untuk menjajakan hewan kurbannya secara online. Meski demikian, hal itu tidak mengurangi kualitas hewan kurban yang akan dijual atau dibeli oleh konsumen.

Salah satu pemilik Pasar Hewan Kurban di Bekasi, Nur Kholis membagikan tips cara memilih hewan kurban yang baik secara online. Menurutnya, ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli hewan kurban.

1. Bagian Mata

Bagian mata merupakan salah satu penentu kesehatan hewan kurban, baik sapi maupun kambing dan domba. Jika mata hewan kurban bersih dan bening, bisa dipastikan hewan kurban sehat. 

Namun jika terdapat kotoran atau belek pada area mata hewan kurban, bisa jadi hewan kurban mengalami sakit mata atau terdapat banyak bateri disekitar matanya.

2. Bagian Hidung

Bagian hidung hewan kurban juga menjadi penentu apakah hewan kurban sehat atau mengalami sakit. Jika hidung hewan terdapat banyak cairan, bisa diperkirakan hewan kurban mengalami flu atau terserang penyakit. 

Namun, jika area hidung hewan kurban bersih dan kering, hewan kurban terbilang sehat dan baik.

3. Posisi Tubuh Tegak

Salah satu ciri hewan kurban sehat juga bisa dilihat dari postur tubuh yang tegak ketika berdiri. Kaki-kaki hewan kurban yang tegak menjadi salah satu ciri hewan kurban sehat. 

Namun jika hewan kurban nampak kesulitan untuk berdiri tegak atau lebih banyak duduk, bisa jadi hewan kurban tengah mengalami sakit atau stres yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan hewan kurban.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon pekurban jika hendak membeli hewan kurban. Semoga bermanfaat. (mga)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top