Aplikasi Hawaya, Bantu Muslim Lajang Temukan Jodoh Secara Nyaman

gomuslim.co.id – Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia membuat pengguna internet semakin meningkat. Beragam aplikasi pun hadir untuk memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Termasuk dalam hal pencarian jodoh.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari pasangan hidup, aplikasi Hawaya mungkin bisa menjadi pilihan. Platform cari jodoh untuk umat Muslim yang berbasis di Mesir ini sekarang sudah hadir di Indonesia.

Pada tahun 2020, Hawaya melakukan survei terhadap perempuan dan laki-laki Muslim Indonesia berusia antara 20-40 tahun sebagai responden. Hasilnya, 93% responden perempuan terbuka untuk menggunakan aplikasi perjodohan untuk mencari pasangan hidup.

Sementara itu, 87% responden juga mengatakan bahwa mereka berharap menemukan seseorang dengan agama yang sama dan sejalan dengan harapan orangtua mereka.

Merespon kebutuhan Muslim Indonesia, Hawaya hadir untuk membantu para perempuan lajang di Indonesia menemukan pasangan hidup mereka dengan tetap menghormati tradisi dan budaya Muslim.

Awalnya, Hawaya didirikan karena keinginan sang pendiri, Sameh Saleh untuk membantu saudara perempuannya melewati pengalaman yang menyenangkan, nyaman, dan aman menuju pernikahan melalui platform ini.

Kemudian dalam perkembangannya, Hawaya tidak hanya digunakan oleh pengguna di Mesir dan negara-negara Arab lain, tetapi juga di negara Eropa seperti Prancis, Jerman, Turki, Amerika Utara, dan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, termasuk Indonesia.

Tentang Hawaya

Aplikasi Hawaya hadir dan mendampingi perjalanan pengguna dengan aman. Diawali dengan “match” dan menemani hingga akhir perjalanan bersama pasangan. Hawaya tidak hanya ingin mewujudkan hubungan yang bermakna, tetapi juga ingin memastikan hubungan itu berujung pada relasi harmonis dan aman seumur hidup.

Terlebih lagi, Hawaya juga memastikan seluruh pengalaman pencarian pasangan hidup tetap menghargai nilai, budaya, dan harapan masing-masing individu. Lagipula, Hawaya sendiri sudah secara cermat dibuat oleh muda-mudi Muslim agar dapat membantu orang-orang terdekat mereka – saudara, keluarga, dan teman-teman.

Hawaya memastikan pengguna memiliki kendali penuh dalam perjalanan pengguna mencari pasangan hidup. Hawaya berupaya mewujudkan itu dengan beberapa cara:

Komunitas Terverifikasi yakni mempertemukan komunitas Muslim muda dari seluruh dunia. Seluruh pengguna sudah terotentifikasi melalui sistem “Selfie Verification”. Sistem ini bekerja dengan infrastruktur teknologi yang sangat berkembang untuk mencegah pembuatan profil palsu.

Di samping itu, aplikasi ini menggunakan kombinasi AI dan moderator untuk menjamin otentisitas profil-profil yang pengguna temukan di dalam aplikasi. Tak perlu lagi buang-buang waktu, tenaga, dan emosi dengan “match” yang tidak satu visi dengan pengguna.

Tentukan Preferensimu – Hawaya mengajak pengguna untuk secara terbuka menunjukkan siapa diri Anda dan menyatakan apa yang menurut Anda penting.

Terdapat fitur tentang gaya hidup Islami untuk membantu pengguna mendapatkan pasangan yang tepat lebih dekat dengan latar belakang gaya hidup Islami yang sama.

Kalau pengguna merasa lebih aman dengan adanya privasi, pengguna dapat menggunakan “blur option” sehingga foto profilnya tidak dapat dilihat oleh sembarang orang. Hanya orang-orang yang pengguna pilih saja yang dapat melihatnya.

Pengguna juga dapat mengaktifkan fitur “guardian angel” untuk melibatkan teman atau keluarga agar dapat terlibat dalam percakapan sehingga pengguna juga mendapatkan masukan dan saran dari mereka.

Membangun Koneksi – Ketika pengguna sudah menemukan “match” yang sesuai dengan profil, Hawaya akan menyediakan beberapa pilihan untuk memulai percakapan dan ketika kencan untuk pertama kali. Hawaya juga dapat memberi pengguna sarana bagaimana mulai membicarakan hubungan yang lebih serius.

Menuju Jenjang Hubungan Selanjutnya – Bawa hubunganmu ke jenjang berikutnya dengan menggunakan fitur “exclusive mode” yang didesain khusus untuk digunakan ketika pengguna dan “match” nya memutuskan untuk menjalin hubungan serius dengan satu sama lain.

“Exclusive mode” akan secara otomatis menghentikan percakapanmu dengan orang lain selain “match” yang pengguna pilih.

Kemudian, untuk menciptakan perjalanan pengguna yang lancar dan nyaman, Hawaya kini hadir dengan tampilan baru yang memungkinkan pengguna untuk menggeser/swipe ke kanan atau kiri, dan mengirim 'Likes' ke foto. Aplikasi ini juga akan memberi tahu pengguna jika mereka menerima 'likes' dari pengguna lain di aplikasi.

Kampanye Sisters-In-Hearts

Co-Founder dan Head of Public Relations Hawaya, Shaymaa Ali, mengatakan, saat ini, melalui kampanye Sisters-In-Hearts, Hawaya memberikan saran dan solusi untuk hal-hal tabu dan tantangan yang dihadapi wanita muslim dalam hal kencan online dan sikap terhadap sebuah hubungan.

"Pandemi telah menunda hubungan yang diharapkan sebagian besar orang akan terjadi. Bagi wanita muslim yang lajang, mereka tidak mendapatkan kesempatan yang sama untuk bersosialisasi seperti sebelumnya, dan jumlah orang yang mereka temui lebih sedikit. Seringkali, mereka juga ditekan oleh keluarga dan masyarakat perihal jodoh," kata Shaymaa.

Menurut Shaymaa, kampanye Sisters-In Hearts mengubah persepsi orang dalam menemukan jodoh terutama bagi wanita muslim lajang.

Melalui kampanye ini, dia dan tim memberdayakan persaudaraan sesama wanita dengan membiarkan mereka lebih terbuka dan berbagi pengalaman dalam menjalin hubungan melalui Hawaya. (Hawaya/Antara/rls)


Back to Top