Qara'a, Aplikasi Belajar Alquran yang Dilengkapi Teknologi AI

gomuslim.co.id – Kehadiran telepon pintar (smartphone) semakin memudahkan manusia dalam berbagai aktivitas. Dalam hal ini termasuk kemudahan dalam belajar dan beribadah.

Bagi umat Islam, kini telah hadir sebuah aplikasi yang menjawab kebutuhan ibadah sehari-hari, yakni Qara’a. Platform digital belajar Alquran buatan pemuda Pontianak, Hajon Mahdy Mahmudin ini memiliki beragam produk yang ditawarkan.

Mulai dari Alquran Digital, Alquran Mushaf, Asbabun Nuzul, Tafsir Jalalain, Murottal, Jadwal Salat Akurat, Kompas Kiblat, Catat Amal dan Sirah Nabawiyah. Selain itu, ada pula Doa Harian, Kitab Hadits, Artikel Harian, Informasi Kajian, Radio Islam, Zakat, Dzikir pagi petang, serta belajar fasih membaca Alquran lewat fitur Fasih.

Meski baru diluncurkan sejak sekitar 2 tahun lalu, aplikasi Qara’a kini sudah diunduh oleh 100 ribu pengguna di Playstore.

Menurut Hajon Mahdy, aplikasi Qara’a bertujuan agar generasi muda lebih mengenal Alquran, lebih dekat melalui gawai. Kapan pun dan di mana pun mereka bisa membuka dan membaca Alquran.

Selain Alquran, Qara'a juga dilengkapi dengan realtime location azan, dan lokasi masjid terdekat yang memudahkan pelancong mencari masjid terdekat. Walau berada di kota yang berbeda, pengguna dapat langsung mengetahui kapan salat dimulai di kota tersebut.

“Kami berharap aplikasi Qara'a bisa menjadi jembatan dan membantu pengguna dalam mencari referensi ibadah. Sesuai dengan intisari nama Qara'a sendiri yang artinya membaca,” ujarnya.

Baru-baru ini Qara'a merilis produk baru yang diberi nama "Fasih" dengan fitur machine learning dan artificial inteligence/AI (kecerdasan buatan) guna mengoreksi bacaan Alquran secara realtime.

Pengguna hanya perlu melafalkan ayat yang tertera di layar ponsel sambil menekan ikon mikrofon, dalam hitungan detik bacaan itu akan dikoreksi, benar tidaknya.

Fasih memiliki delapan materi dari dasar sampai tingkat mahir. Mulai dari pengenalan hijayah, pengenalan angka, sambungan ayat, ujian sasar pendalaman materi, makharijul huruf, sifatul huruf, ujian materi tambahan, hingga koreksi ayat 30 juz.

 

Baca juga:

BiP, Aplikasi Messenger Buatan Turki yang Digemari Masyarakat Dunia

 

Fitur Unggulan Qara’a:

Alquran Digital

1. Membaca Alquran mudah tanpa harus bayar serta dengan opsi mushaf dan model digital

2. Membaca Alquran dilengkapi dengan asbabun nuzul, Tafsir Jalalain, serta transliterasi dan terjemahan dalam Bahasa Indonesia

3. Tajwid berwarna disetiap ayat untuk memudahkan membaca Alquran sesuai dengan aturan pembacaan Alquran

4. Mencari ayat atau surah yang mudah

5. Penanda posisi terakhir membaca Alquran

6. Bookmark lebih dari 5 ayat

7. Membagikan Ayat Alquran dengan desain yang cantik

Kitab Hadits

1. Mencari hadits-hadits dari Shahih, Sunan dan Musnad

2. Mencari Hadits berdasarkan topik hadits

3. Membagikan Hadits dengan desain yang cantic

Fasih

1. Belajar Alquran dari pengenalan Hijaiyah

2. Sambung Ayat melalui desain yang cantic

3. Memperbaikin bacaan Alquran lewat fitur Machine Learning

4. Mempelajari Makharijul Huruf lewat Artificial Inteligence

5. Mempelajari Sifatul Huruf lewat Artificial Inteligence

6. Murojaah Ayat lewat Artificial Inteligence

7. Mempermudah menghafal Alquran dengan metode kecerdasan buatan

8. Bacaan Alquran dikoreksi oleh Mudabbir

 

Sumber: Playstore Qara'a, Antara, Suara Pemred Kalbar

 

Baca juga:

Dorar.Net, Situs Pengecekan Kualitas Hadits Secara Digital


Back to Top