Benihbaik.com, Platform Crowdfunding untuk Kemanusian dan UKM

gomuslim.co.id - Crowdfunding, atau metode mengumpulkan dana dari banyak orang secara online mulai banyak dijumpai di Indonesia. Metode ini dilakukan baik untuk aktivitas profit maupun non-profit.

Di Indonesia, yang banyak ditemukan biasanya untuk yang sifatnya non-profit, misalnya penggalangan dana untuk korban bencana alam, dana pengobatan untuk penderita penyakit tertentu, dan lain-lain.

 

Baca juga:

Almal.id, Jasa Perencanaan Keuangan Syariah di Indonesia

 

Salah satu crowdfunding yang ada di Indonesia adalah Benihbaik.com. Crowdfunding ini berdiri sejak 4 Oktober 2019 dibawah naungan Yayasan Benih Baik Indonesia (YBBI) yang didirikan oleh Andy Flores Noya, Khristiana Anggit Mustikaningrum, dan Firdaus Juli.

Terbentuknya Benihbaik.com atas kepedulian Para Pendiri terhadap beragam isu sosial, kemanusiaan, kebudayaan, keagamaan, dan kesejahteraan sosial lainnya yang mengalami kesulitan memperoleh dukungan pendanaan untuk memenuhi kebutuhan dasar, pengembangan diri, dan/atau potensi ekonomi atau operasional lainnya yang mungkin belum terakomodir oleh pemerintah baik secara keseluruhan maupun sebagian kebutuhan tersebut.

Benihbaik.com menyediakan sistem elektronik yang mampu mempertemukan antara donatur dengan penerima manfaat, serta memfasilitasi fundraiser untuk menghimpun dana masyarakat secara luas dengan mengakses situs www.benihbaik.com maupun aplikasi android. 

Masalah perizinan sahabat gomuslim tak usaha ragu, Benihbaik.com telah mendapatkan izin sebagai penyelenggara Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia Nomor 1001/HUK – PS/2019. Untuk aplikasi Benihbaik.com juga sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Nomor: 01769/DJAI.PSE/09/2019.

Saat ini ada 11 program penggalangan dana dan donasi yang tersedia di Benihbaik.com yakni:

  • Program Kesejateraan Sosial;
  • Program Kemanusiaan;
  • Program Pendidikan;
  • Program Kesehatan;
  • Program Keagamaan;
  • Program Kebudayaan;
  • Program Pemberdayaan Potensi Perempuan;
  • Program Kesejahteraan Anak-Anak;
  • Program Flaura, Fauna, dan Kesejahteraan Hewan;
  • Program Usaha yang mendukung UMKM; dan
  • Program Bidang Kesejahteraan Sosial lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan

Founder Benihbaik.com,  Andy F Noya mengungkapkan perbedaan antara BenihBaik.com dengan Crowdfounding lainnya yang ada di Indonesia. Menurutnya platform Benihbaik.com memiliki dua pilar utama, pilar pertama yakni berkaitan dengan kegiatan sosial, dan pilar kedua berkaitan dengan kegiatan usaha atau berjenis kewirausahaan sosial.

Pengusaha-pengusaha kecil bisa memanfaatkan BenihBaik.com untuk menjual produk-produknya, sekaligus sarana bagi investor untuk mendukung perusahaan-perusahaan setara UMKM. Jadi nantinya para pengusaha UMKM berpeluang mendapatkan investasi melalui platform BenihBaik.com ini.

Bagi anda yang ingin melakukan penggalangan dana di Benihbaik.com caranya relatif mudah, berikut langkah-langkahnya.

Pertama, kita kunjungi platform www.benihbaik.com, lalukan Registrasi akun dengan menyertakan nama lengkap dan nomor Whatsapp atau email.

Kedua, Aktivasi akun, baik melalui Whatsapp atau email. Bila akun sudah terverifikasi, Anda dapat mengklik tombol galang dana.

Ketiga, Mengisi form penggalangan dana meliputi menentukan program, target dana, batas waktu penggalangan dana, dan judul kampanye. Kemudian isi deskripsi konten meliputi teks, foto atau video.

Keempat, Setiap penggalangan dana yang dibuat akan dikurasi oleh team BenihBaik.com dan selanjutnya Team BenihBaik.com akan melakukan kurasi dan menghubungi Anda.

Kelima, jika proses kurasi selesai, maka penggalangan dana kita sudah bisa dilihat di https://www.benihbaik.com

Kita dapat memilih tenggat waktu penggalangan dana donasi antara 30 hari, 60 hari dan 90 hari. Limit penggalangan dana donasi hanya dibatasi untuk nominal ratusan juta dan sesuai kebutuhan penerima manfaat.

Selain menggalang dana, kita juga bisa memberikan donasi atau bantuan lewat  https://www.benihbaik.com. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk berdonasi melalui benihbaik.com:

Pertama, kunjungi halaman https://www.benihbaik.com melalui browser HP atau PC dan bisa juga menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di Playstore. Kedua, pilih program penggalangan dana yang tayang di homepage. Ketiga, silahkan  klik donasi dan input nominal donasi. Keempat, pilih metode pembayaran yang sudah bekerjasama dengan Benihbaik.com, kita dapat menyertakan nama atau tanpa (anonymous). Kelima, tulis dukungan kita dengan singkat, selanjutnya klik pembayaran.

 

Baca juga:

CariUstadz.id, Platform Digital Permudah Umat Temukan Ustadz

 

Meskipun Benihbaik.com masih tergolong baru di dunia Crowdfunding tapi perkembangannya perlu diperhitungkan. Saat ini saja Benihbaik.com menjalin kerjasama dengan institusi, perusahaan dan organisasi , diantaranya Angkasa Pura II, Telkomsel, JNE, tokopedia, Grab dan lain-lain.

Terbaru Benihbaik.com bekerjasama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) dan anak perusahaannya yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance) beserta Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) memberikan bantuan tunai sebesar Rp 1 miliar yang akan di donasikan kepada pengemudi ojek online yang terdapat virus corona atau COVID-19. (Mr)

Info lebih lanjut:

Benihbaik.com

Jalan Kedoya Raya Selatan No.48 a, RT.1/RW.3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI

WA: 0822-1653-9113

Website:www.benihbaik.com


Back to Top