:
:
News
Klinik Apung Kimia Farma-BWA Layani Warga Pulau Panggang dan Pulau Pramuka

gomuslim.co.id – Klinik Apung Kimia Farma-Badan Wakaf Alquran (BWA) kembali menjalankan misi kemanusiaanya melayani delapan pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu, Jakarta. Trip ke-4 Klinik Apung Kimia Farma-BWA dilakukan tanggal 16-19 Juni 2021 di Pulau Panggang dan Pulau Pramuka.

Klinik Apung Kimia Farma-BWA menyelenggarakan penyuluhan mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan edukasi ibu hamil menyusui. Kegiatan dilanjutkan dengan layanan pengobatan gratis.

Masyarakat Pulau Panggang dan Pulau Pramuka menyambut kegiatan ini dengan antusias. Acara dibuka oleh Kasie Kesmas Pulau Panggang, Ibu Sofia.

”Masyarakat pulau harus manfaatkan kesempatan ini untuk berobat atau sekedar mendapatkan pengetahun mengenai kesehatan, agar lebih sehat dalam keadaan dan situasi pandemi saat ini,” pesan ibu Sofia dalam keterangan tertulis, Kamis (24/06/2021).

 Masyarakat beramai-ramai menghadiri acara penyuluhan dan layanan pengobatan gratis ini. Ketua Pelaksa Klinik Apung, Mufrodi mengatakan, secara keseluruhan, sebanyak 181 pasien di Pulau Panggang, dan 138 pasien di Pulau Pramuka mendapatkan pelayanan pengobatan.

 

Baca juga:

Klinik Apung Kimia Farma – BWA Mulai Beroperasi ke Pulau Seribu

 

“Alhamdulillah masyarakat menyambut dengan antusias Klinik Apung. Hal itu terlihat dari ramainya pasien yang hadir. Mereka mendapatkan pengobatan umum. Yang menarik, ada penanganan nyeri (pain), sehingga masyarakat yang memang secara umum adalah nelayan dan banyak mengalami nyeri sendi dapat merasakan pengobatan dan mendapatkan langsung manfaatnya,” ujar Mufrodi.

Dia menambahkan, dalam situasi pandemi, aktivitas Klinik Apung Kimia Farma-BWA diselenggarakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan 5M. Semua pengunjung Kepulauan Seribu harus sudah melakukan test swab antigen dan hasilnya negatif. Jika tidak, pihak Pemda tidak akan memperbolehkan pengunjung masuk ke Kepulauan Seribu.

Di setiap aktivitas selalu dipastikan protokol kesehatan dipatuhi. “Panitia selalu mengingatkan masyarakat untuk mencuci tangan, baik dengan sabun atau handsanitizer, membagikan masker kepada pengunjung yang tidak menggunakan masker, mengingatkan ke masyarakat untuk menjaga jarak dan tidak membuat kerumunan,” tutup Mufrodi.

Pada kesempatan lain, Direktur Umum dan Human Capital Kimia Farma, Dharma Syahputra mengatakan bahwa program Klinik Apung inidalam rangka mengimplementasikan komitmen Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Dia menyebut, pihaknya telah menjalin kerja sama secara berkesinambungan dalam program Klinik Apung. “Klinik Apung Kimia Farma bersama BWA bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dalam jangka panjang, terutama dimusim pandemi seperti saat ini,” ungkapnya. (rls)

 

Baca juga:

Gandeng Kimia Farma, BWA Luncurkan Klinik Apung di Pulau Terpencil

 

Responsive image
Other Article