:
:
News
Masjid Raya JIC Tidak Gelar Salat Jumat dan Berjamaah Sampai 5 Juli 2021

gomuslim.co.id – Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) tidak menyelenggarakan ibadah salat Jumat dan salat berjamaah lima waktu terhitung mulai 22 Juni sampai dengan 5 Juli 2021 mendatang. Sementara untuk kegiatan keagamaan seperti dakwah, kajian dan pendidikan akan dilakukan secara daring.

Keputusan tersebut dilakukan setelah pengurus JIC melakukan rapat dan melihat kondisi Ibu Kota yang masyarakatnya banyak terpapar COVID-19. Selain itu, kebijakan ini diperkuat dengan dikeluarkannya Keputusan Gubernur (Kepgub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 796 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro.

"Peniadaan pelayanan kegiatan peribadatan sampai dengan tanggal 5 Juli 2021 ini berdasarkan rapat pengurus Masjid Raya JIC terkait dengan terus meningkatnya masyarakat yang positif COVID-19 di wilayah DKI Jakarta," ujar Kepala Sekretariat Masjid Raya JIC, Ahmad Juhandi dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (23/6/2021).

 

Baca juga:

Jakarta PSBB Lagi, Masjid JIC Jakarta Utara Kembali Ditutup

 

Ahmad menambahkan, hasil koordinasi pengurus JIC dengan Biro Dikmental DKI Jakarta, arahan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, DMI Provinsi DKI Jakarta, camat Koja, Lurah Tugu Utara dan Kepala Puskesmas Koja, maka diputuskan kegiatan peribadatan di Masjid Raya Jakarta Islamic dihentikan sementara.

"Meski demikian, azan tetap dikumandangkan, dan salat lima waktu tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat khusus bagi pegawai Masjid Raya JIC yang bertugas pada hari itu. Demikian juga kegiatan lainnya seperti dakwah, kajian, pendidikan tetap dilaksanakan secara daring," tambahnya.

Pekan lalu, pengurus Masjid Raya JIC masih menggelar salat Jumat namun dengan pembatasan kapasitas sebesar 50 persen. "Kami mengikuti anjuran pemerintah untuk membatasi kegiatan salat Jumat hanya diikuti sebanyak 50 persen kapasitas," ujar Kepala Sub Divisi Pengkajian Badan Managemen Jakarta Islamic Centre, Paimun Karim. (jms/rls)

 

Baca juga:

JIC Kembali Gelar Salat Jumat Pekan Ini

 

 

Responsive image
Other Article