:
:
News
Masjid Quba Kembali Dibuka untuk Jamaah

gomuslim.co.id - Kementerian Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan Arab Saudi telah mengarahkan pembukaan Masjid Quba sepanjang waktu, mulai hari Ahad (20/6/2021). Pembukaan ini memungkinkan jamaah dan pengunjung untuk beribadah di masjid sepanjang hari.

"Kementerian mencatat bahwa otoritas yang kompeten telah mengambil semua langkah dan protokol kesehatan yang berlaku untuk masjid. Hal tersebut guna memastikan keselamatan dan kesehatan jamaah dari virus corona (COVID-19," demikian seperti dilansir dari publikasi Saudi Gazette, Selasa (22/6/2021).

Masjid Quba terletak di Jalan Hijrah yang menghubungkan Madinah dengan Makkah dan berjarak sekitar 3,5 km selatan Masjid Nabawi di Madinah.

Ini adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad (SAW) ketika pertama kali tiba di Madinah setelah berhijrah dari Makkah. Rasulullah meletakan batu pertama masjid dan kemudian para sahabatnya menyelesaikan pembangunannya. Masjid ini konon menjadi tempat pelaksanaan salat Jumat pertama.

 

Baca juga:

Kementerian Urusan Islam Saudi Perbarui Prokes di Masjid

 

Sebelumnya, Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Arab Saudi membarui penerapan protokol kesehatan di masjid. Keputusan ini tertuang dalam surat edaran yang merinci perubahan tersebut.

Disebutkan dalam perubahan tersebut, setiap jamaah wajib mengenakan masker, membawa sejadah sendiri, menghindari kerumunan saat masuk dan keluar masjid, dan menjaga jarak antar jamaah sekitar satu setengah meter.

Kementerian meniadakan syarat meninggalkan baris kosong di antara setiap dua baru juga mengurangi perode waktu antara azan dan iqomat.

Masjid harus mematuhi waktu yang telah disetujui sebagai berikut: 20 menit untuk semua salat wajib, 25 menit untuk salat Subuh, dan 10 menit untuk salat Maghrib.

Masjid akan dibuka untuk salat Jumat sekitar satu jam sebelum azan dan ditutup 30 menit setelah salat.

Surat edaran tersebut telah membatalkan batasan durasi khutbah dan salat Jumat menjadi 15 menit, namun tetap membuat khotbah sesingkat mungkin. (jms/saudigazette/dbs)

 

Baca juga:

Kementerian Haji Saudi Ingatkan Calon Jemaah Waspadai Link Pendaftaran Palsu

 

 

 

 

Responsive image
Other Article