:
:
News
Klinik Indonesia di Yerusalem Akan Segera Hadir

gomuslim.co.id – Untuk pertama kalinya, Indonesia akan menghadirkan klinik di Yerusalem. Fasilitas kesehatan ini berlokasi sangat dekat dengan kompleks Masjid Al-Aqsa. Menuju klinik, pengunjung cukup berjalan melewati sejumlah lorong dengan jarak sekitar 50 meter dari komplek masjid.

"Area klinik ini berdekatan dengan dome of the rock atau kubah emas di Al-Aqsa," ujar Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT, Ahad (20/6/2021).

Firdaus menjelaskan, bantuan ini merupakan dukungan Sahabat Dermawan melalui Aksi Cepat Tanggap. Seperti yang sudah tersedia di Gaza, Klinik Indonesia di Yerusalem ini akan memberikan pelayanan medis serta obat-obatan untuk ribuan warga Palestina secara gratis.

 

Baca juga:

ACT Distribusikan 150 Ton Pangan untuk Warga Gaza

 

Saat ini proses perizinan Klinik Indonesia Yerusalem tengah memasuki tahap menunggu persetujuan dokumen. Klinik tersebut juga sejatinya merupakan klinik yang sudah beroperasi, dan memberikan layanan berbayar. Namun, dengan dialihkannya klinik tersebut ke ACT, maka layanan kesehatan akan menjadi gratis dan optimal.

"Klinik ini akan memberikan layanan medis umum atau spesialis. Klinik ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti bedah tingkat menengah, hingga ruang darurat yang akan menampung pasien kritis. Diperkirakan, per bulannya klinik ini mampu memberikan perawatan medis untuk seribu warga Palestina di Yerusalem,” terang Firdaus.

Jika nanti klinik ini mulai beroperasi, maka klinik ini akan menjadi klinik ke enam yang akan dimiliki ACT di Palestina, yang mana lima di antaranya beroperasi di tiap kegubernuran di Gaza.

Tidak seperti di Gaza, Firdaus menuturkan bahwa pengadaan klinik Indonesia di Yerusalem jauh lebih sulit, salah satunya memperoleh izin oleh otoritas terkait.

"Maka dari itu, baru akan ada satu klinik di Yerusalem, ketimbang di Gaza yang akan ada lima klinik. Semoga Allah mudahkan ikhtiar kita selalu untuk memberikan yang terbaik bagi saudara kita di Palestina," tutupnya. (ACT)

 

Baca juga:

Pengungsi Gaza Korban Agresi Israel Tempati Hunian Baru

Responsive image
Other Article