:
:
News
Dua Siswa MAN IC Serpong Lulus Program Academic and Cultural Experience di Jepang

gomuslim.co.id – Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendeki (MAN IC) Serpong lulus seleksi program Academic and Cultural Experience (ACE) di Jepang. Kedua siswa yang lulus seleksi virtual ini adalah Pradipta Firmanda dan Madina Fathatunnisa.

Event tahunan ini diikuti 500 pendaftar. Dari jumlah itu, terpilih 146 siswa dari 24 Negara.

“Kegiatan ACE ini biasanya dikelola secara offline dengan mengunjungi Kampus APU di Beppu, Oita, Jepang. Namun karena pandemi, maka program ini dilaksanakan secara online dengan zoom,” kata Kepala MAN IC Serpong, Abdul Basith, Kamis (17/6/2021).

Meski virtual, lebih Basit, program ACE ini dirancang secara menarik dalam berbagai aktifitas. Bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Para siswa akan banyak diberi pengalaman baru selama mengikuti program ini.

Menurut Basit, para peserta juga akan mengikuti sesi pengenalan kampus, budaya, serta bahasa Jepang yang diselenggarakan oleh Ritsumeikan Asia Pacific University. Ini merupakan salah satu universitas terbaik di Jepang yang menyelenggarakan program kelas internasional. Kuliahnya menggunakan Bahasa Inggris, sebagai bahasa pengantar. Kampus ini berlokasi di Kota Beppu, Oita di kepulauan Kyushu.

 

Baca juga:

Presentasikan Game Naik Haji, Dua Siswa Madrasah Ini Sabet Medali Emas di Ajang Internasional

 

“Program ACE diselenggarakan setiap tahun, sejak tahun 2013, sebagai program musim panas di kampus untuk siswa sekolah menengah dari dunia. Siswa ACE akan berpartisipasi dalam lokakarya dan kerja kelompok dengan mahasiswa Ritsumeikan Asia Pacific University (APU),” kata Mantan Kepala MAN IC Kendari ini.

Ada dua kelompok studi ilmu sosial yang ditawarkan di kampus Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), yaitu: Asia Pacific Studies (di dalamnya termasuk program studi International Relation and Peace Studies, Hospitalisy and Tourism dan Culture, Society and Media) dan International Managament (di di dalamnya termasuk Accounting and Finance, Marketing, Strategic Management and Organization dan Innovation and Economics).

“Setiap tahun ada sekitar 70 mahasiswa dari Indonesia yang melanjutkan studi di kampus ini. Termasuk dari MAN Insan Cendekia Serpong, sudah ada puluhan yang menjadi alumni di kampus ini. Saat ini, mereka sudah menjalani pendidikan dan karir di berbagai negara,” pungkas Abdul Basith. (Kemenag)

 

Baca juga:

Buat Obat Anestesi Ikan dari Kecubung, Siswa MAN 1 Gresik Sabet Medali Emas

Responsive image
Other Article