:
:
News
Kota di Arab Saudi Ini Bakal Hapus Penggunaan Uang Tunai untuk Semua Transaksi

gomuslim.co.id – Sebuah kota baru yang sedang dikembangkan di Provinsi Timur Arab Saudi tidak akan menggunakan uang tunai (cashless) untuk segala transaksi di dalamnya. Hal ini disampaikan CEO Riyad Bank, Tareq Al-Sahdan.

King Salman Energy Park (SPARK), yang terletak di antara Dammam dan Al-Ahsa, sedang dibangun di atas lahan seluas 50 kilometer persegi. Kota ini akan mencakup zona logistik khusus dan pelabuhan kering.

SPARK telah mengumumkan bahwa pada bulan Maret lalu, 80 persen dari fase pertama proyek secara resmi telah rampung.

Sebuah perjanjian baru yang ditandatangani antara Riyad Bank dan Kota Energi Raja Salman (SPARK) bertujuan untuk sebuah proyek mengubah menjadi kota yang sepenuhnya digital, seabgaimana penjelasan Al-Sahdan kepada Al Arabiya.

“Kami bercita-cita Spark City akan sepenuhnya digital, karena ini adalah kota baru, di mana uang tunai tidak digunakan, dan akan ada solusi pembayaran untuk semua penggunaan dan pass card khusus yang digunakan di toko dan servis,” kata Al-Sahdan seperti dilansir dari publikasi Al Arabiya, Jumat (18/6/2021).

Kesepakatan antara keduanya, yang mencakup sepuluh inisiatif, bertujuan untuk mendukung peringkat Kerajaan dalam kemudahan berbisnis dan ekonomi digital.

 

Baca juga:

Terbesar di Dunia, Jeddah Super Dome Mulai Terima Pengunjung ‘Pameran Digital Makkah Al Mukarramah’

 

Sebelumnya, King Salman Energy Park mendapat Penghargaan Kepemimpinan Dewan Bangunan Hijau AS (USGBC) 2021 untuk Timur Tengah sebagai pengakuan atas pendekatannya yang ramah lingkungan terhadap konstruksi dan pengembangan.

SPARK, di Provinsi Timur Arab Saudi, adalah kota industri pertama di dunia yang memperoleh Sertifikasi Perak Kepemimpinan dalam Desain Energi dan Lingkungan (LEED).

Dikembangkan oleh US Green Building Council, LEED bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dari proses konstruksi, membatasi penggunaan sumber daya, mengurangi emisi karbon dan secara proaktif mengatasi perubahan iklim.

Presiden dan CEO SPARK, Saif Al-Qahtani, pihaknya berkomitmen untuk memastikan solusi berkelanjutan terus diterapkan saat kami tumbuh menjadi ekosistem energi-sentris terkemuka di dunia.

“Kami telah mencapai banyak hal pertama dalam tahap awal pengembangan kami dan akan terus mengadopsi dan mendukung inisiatif inovatif yang membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat kami, sekaligus memperkuat bisnis kami dan ekonomi Kerajaan,” ujarnya.

“Kami sangat bangga dengan tim kami dan pekerjaan yang telah mereka lakukan untuk menjamin SPARK memberikan nilai jangka panjang dan mendukung program nasional dan regional yang bertujuan untuk membangun masa depan yang lebih berkelanjutan,” sambung dia. (jms/al-Arabiya/arabnews)

 

Baca juga:

Arab Saudi Peringkat Pertama dalam Respon Pemerintah Terhadap Pandemi COVID-19

Responsive image
Other Article