Liga Muslim Dunia Gelar Konferensi Islam dan 'Deklarasi Perdamaian di Afghanistan'

gomuslim.co.id – Liga Muslim Dunia (MWL) akan menggelar Konferensi Islam tentang ‘Deklarasi Perdamaian di Afghanistan’. Kegiatan ini digelar Makkah, Arab Saudi, Kamis (10/6/2021).

Acara ini akan mempertemukan para cendekiawan senior dari Afghanistan dan Pakistan, Momen bersejarah dan penting ini diharapkan menjadi jalan menuju rekonsiliasi antara faksi-faksi yang bertikai, dalam upaya untuk mengakhiri pertempuran dan membawa perdamaian di Negara tersebut.

Penyelenggara mengatakan konferensi itu berasal dari keyakinan pada peran MWL dalam menyelesaikan semua konflik dan perselisihan dalam tatanan masyarakat dunia Islam. Ditambah dengan dukungan dan perhatian besar yang diberikan oleh Arab Saudi.

Konflik yang berlangsung lama di Afghanistan memunculkan ekstremisme, ketidaktahuan, rasisme dan intoleransi. Karena itu, harus dihadapkan dengan sains, kesadaran, pencerahan pemikiran, dan kebangkitan perasaan keyakinan yang murni dan prinsip-prinsip mulia Islam yang berusaha untuk mempromosikan kebaikan.

“Konferensi akan mencerminkan rasa tanggung jawab bersejarah MWL sebagai wakil dari semua Muslim, dan keinginannya untuk mencapai persatuan, solidaritas dan harmoni, keamanan masyarakatnya, dan keselamatan warganya,” demikian seperti dilansir dari publikasi Arab News, Kamis (10/6/2021).

 

Baca juga:

Bertemu Sekjen Liga Muslim Dunia, Mahfud MD Bahas Moderasi Islam

 

 

Sesi pembukaan akan menghadirkan Sekretaris Jenderal MWL, Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa, Menteri Urusan Agama Dan Kerukunan Antar Agama Pakistan, Noor-ul-Haq Qadri, dan Menteri Haji dan Urusan Agama Afghanistan, Mohammad Qasim Halimi. Ketiganya akan bergabung dengan ulama senior dari kedua negara.

Turut hadir Duta Besar Pakistan untuk Arab Saudi, Letnan Jenderal Bilal Akbar, Duta Besar Afghanistan untuk Arab Saudi, Ahmed Javed Mujadidi, perwakilan tetap Pakistan untuk Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Rizwan Saeed Sheikh, dan perwakilan tetap Afghanistan untuk OKI, Shafiq Samim.

Konferensi ini akan mencakup lima sesi dengan lebih dari 20 pembicara utama. Sebagian besar pembicara adalah sarjana senior.

Mereka akan membahas topik-topik seperti perdamaian, toleransi, moderasi, rekonsiliasi dalam Islam, pendekatan Islam untuk menjaga martabat dan kehidupan manusia, membangun perdamaian berdasarkan prinsip-prinsip Islam, pentingnya perdamaian dan keamanan regional, dan peran ulama dalam menyelesaikan konflik regional dan mendukung upaya pembangunan perdamaian.

Acara akan ditutup dengan pembacaan pernyataan akhir dan deklarasi perdamaian di Afghanistan. (jms/arabnews)

 

Baca juga:

Lawan Islamofobia, OKI dan Liga Muslim Tandatangani Nota Kesepatakan


Back to Top