:
:
News
Sterilkan Masjidil Haram, Otoritas Saudi Gunakan 10 Robot

gomuslim.co.id – Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci menghadirkan 10 robot pintar untuk bergabung dalam operasi sterilisasi di bagian dalam Masjidil Haram, Senin (7/6/2021). Robot tersebut membantu rutinitas disinfeksi di Masjid Suci guna mencegah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19).

Mesin pintar itu dilengkapi dengan program khusus untuk menganalisis persyaratan desinfeksi di area yang ditugaskan.

“Perangkat baru menggunakan sistem kontrol yang diprogram pada peta pra-instal dengan enam tingkat yang meningkatkan kekuatan dan kesehatan lingkungan. Ini juga secara cerdas menganalisis bagian yang disterilisasi seperti menggunakan skenario jalur dan durasi secara mandiri,” demikian seperti dilansir dari publikasi SPA, Selasa (8/6/2021).

Robot tersebut dapat bekerja antara lima hingga delapan jam tanpa campur tangan manusia dan memiliki kapasitas alat sterilisasi 23,8 liter dengan tingkat konsumsi dua liter per jam untuk menghilangkan bakteri di area seluas 600 meter persegi.

 

Baca juga:

Saudi Perbanyak Robot Pembersih di Masjidil Haram

 

Untuk diketahui, robot ini diluncurkan Otoritas Arab Saudi pada Oktober tahun lalu. Peluncuran dilakukan oleh Kepala Kepresidenan Dua Masjid Suci, Sheikh Abdul Rahman Al Sudais.

Menurut Sheikh Sudais, robot bepresisi tinggi ini memberikan kontribusi sangat besar untuk mencegah penyebaran virus corona serta wabah penyakit lainnya. Robot ini bekerja dengan sistem lokalisasi dan pemetaan simultan (SLAM) beresolusi tinggi. (jms/SPA/SaudiGazette)

 

Baca juga:

Pemerintah Saudi Segera Umumkan Rencana Ibadah Haji 2021

 

Responsive image
Other Article