:
:
News
BAZNAS dan Askrindo Gelar Operasi Katarak Gratis bagi Dhuafa

gomuslim.co.idBadan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Rumah Sehat BAZNAS bekerja sama dengan PT Askrindo menggelar operasi katarak gratis bagi dhuafa. Operasi katarak ini turut dilakukan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), di Rumah Sehat BAZNAS, pada Sabtu (29/5), pukul 07.00-14.00 WIB.

Sebanyak 25 pasien menjadi penerima manfaat kegiatan ini. Mereka pun menerima goodiebag berupa Alquran, sajadah, dan biaya transportasi untuk pasien operasi katarak. Protokol kesehatan ketat turut dilaksanakan pada acara ini, guna mencegah penularan COVID-19.

BAZNAS berharap rangkaian kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, khususnya kepada para muzakki yang telah berzakat di BAZNAS.

 

Baca juga:

Cerita Mitra Mustahik BAZNAS Lepas dari Jeratan Rentenir

 

Sebelumnya, BAZNAS dan PT Askrindo membantu 200 warga tidak mampu di Jabodetabek untuk menjalani operasi katarak gratis. Program tersebut terealisasi berkat dukungan dari PT Askrindo melalui pendanaan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang disalurkan melalui BAZNAS.

Program operasi katarak gratis sendiri diselenggarakan berdasarkan hasil Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2014 – 2016 oleh Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan di lima belas provinsi.

Kelima belas provinsi tersebut di antaranya Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua Barat.

Hasilnya menunjukan angka kebutaan mencapai 3% dan katarak merupakan penyebab kebutaan tertinggi (81%) (P2PTM Kemenkes RI, 2019). (Baznas/dbs)

 

Baca juga:

Hasil Panen Kopi Mustahik Binaan BAZNAS Capai 300 Kg per Hari

Responsive image
Other Article