Quraish Shihab: Rezeki Dijamin Allah, Asal Mau Melangkah dan Bergerak

gomuslim.co.id – Ulama dan cendekiawan muslim Indonesia, M Quraish Shihab menegaskan bahwa rezeki setiap manusia sudah dijamin oleh Allah SWT. Jaminannya berupa penciptaan organ pada tubuh, rasa lapar dan dahaga, selera dan syahwat untuk mendorong manusia melangkah mencapai rizkinya.

"Untuk itu, melangkahlah sesuai kemampuan. Bergeraklah sesuai kesanggupan," kata Quraish Shihab dalam renungan Mutiara Hati, dikutip Sabtu (8/5/2021).

Sebagai contoh, pakar tafsir Alquran ini menuturkan kisah Maryam, ibunda dari Nabi Isa Alaihi Salam. Saat dalam keadaan lemah setelah melahirkan, Maryam saat itu diperintahkan untuk mengguncang pohon kurma. Meski lemah, berkat usahanya, buah kurma tersebut berjatuhan atas kuasa Allah.

"Karena itu melangkahlah, bergeraklah, temukanlah, dan bermohonlah. Semoga Allah menganugerahi rezeki," kata Quraish Shihab.

 

Baca juga:

Quraish Shihab: Hati-Hati dalam Berucap karena Lidah Dapat Membunuh

 

Dalam tayangan renungan sebelumnya, pendiri Pusat Studi Alquran ini berpesan jangan sampai keterlambatan kehadiran rezeki mendorong kita mencarinya dengan cara yang haram. "Karena rezeki dan keberkatan dari Allah tidak diperoleh melalui yang haram," ucapnya.

Mantan Rektor IAIN Jakarta ini menjelaskan, bahwa sesungguhnya Allah Maha Baik, tidak memberi dan juga tidak menerima kecuali yang baik. Menurutnya, orang yang paling menyesal di hari kemudian adalah koruptor.

"Karena bagi ahli waris yang tidak mengetahui asal-usul harta itu dan menafkahkannya di jalan Allah, hal itu akan mengantarkannya ke surga. Sedangkan sang koruptor hanya bisa berkata penuh penyesalan," jelas Quraish Shihab.

Mengakhiri renungannya, Quraish Shihab mengatakan, bahwa semua menuai apa yang ditanamnya dan semua menerima dampak yang tulus dari persembahannya. (jms/liputan6/mutiarahati)

 

Baca juga:

Ini Tips Prof Quraish Shihab Agar Kehidupan Rumah Tangga Selalu Harmonis


Back to Top