Gunakan Teknik Terbaru, Foto Hajar Aswad Terlihat Sangat Jelas

gomuslim.co.id – Baru-baru ini Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi mendokumentasikan foto Hajar Aswad di Kakbah dalam Masjidil Haram menggunakan teknik fokus panorama bertumpuk.

Dalam teknik itu, foto-foto dengan kejernihan berbeda digabungkan untuk menghasilkan satu foto dengan tingkat akurasi dan kualitas tinggi. Butuh tujuh jam untuk mengambil foto hingga 49.000 megapiksel.

Dilansir dari publikasi Tribune, Selasa (4/5/2021), ini adalah kali pertama dunia bisa melihat lebih dekat Hajar Aswad.

Gambar yang diambil sangat jelas sehingga setiap orang bisa melihat setiap bagian batu yang tidak terlihat sebelumnya.

Hajar Aswad terletak di sudut timur Kakbah dan terlihat seperti satu batu yang terlindung dalam bingkai perak, tetapi sebetulnya Hajar Aswad terdiri dari delapan batu kecil yang digabung dengan frankincense Arab.

 

Baca juga:

Otoritas Dua Masjid Suci Tambah 5.500 Ton Pendingin di Masjidil Haram

 

Batu terkecil ukurannya tak lebih dari 1 cm, yang terbesar tidak melebihi ukuran 2 cm. Bingkai yang dibuat dari perak berfungsi sebagai pelindung dari batu suci itu.

Hajar Aswad merupakan sebuah batu yang diyakini oleh umat Islam berasal dari surga. Pertama kali yang menemukan batu ini adalah Nabi Ismail dan yang meletakkannya adalah Nabi Ibrahim.

Dahulu kala batu ini memiliki sinar yang terang dan dapat menerangi seluruh jazirah Arab. Namun semakin lama sinarnya semakin meredup dan hingga akhirnya sekarang berwarna hitam.

Batu ini memiliki aroma yang unik dan ini merupakan aroma wangi alami yang dimilikinya semenjak awal keberadaannya. Saat ini batu Hajar Aswad ditaruh di sisi luar Kakbah sehingga mudah bagi seseorang untuk menciumnya. Adapun mencium Hajar Aswad merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Beliau selalu mencium batu tersebut setiap saat tawaf. (jms/Antara/Tribune)

 

Baca juga:

Makkah, Kota Suci Umat Islam dan Pusat Peradaban Pertama


Back to Top