Kreatif! Siswa Muhammadiyah Ini Ciptakan Sajadah Anti Corona

gomuslim.co.id – Sajadah atau alas merupakan kelengkapan demi menunjang kesucian tempat salat. Umumnya, sajadah terbuat dari karpet halus dan lembut yang nyaman untuk bersujud. Sayangnya sajadah karpet berpotensi sebagai sarana penularan virus corona COVID-19.

Guna memudahkan umat Islam untuk tetap giat beribadah di tengah pandemi COVID-19, siswa-siswi SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya berinovasi memproduksi “SAJANA” Sajadah Anti Corona.

SAJANA atau Sajadah Anti Corona produksi ini terbuat dari bahan plastik dan perlak yang mudah untuk dibersihkan dari virus atau bakteri, yakni dengan cara disemprot atau dilap menggunakan cairan disinfekten.

Wardatul Ummah, Guru mata pelajaran Prakarya mengatakan saat disemprot disinfektan catnya tidak akan mudah hilang karena menggunakan cat khusus,

“Karena ini chat-nya memang cat khusus ya jadi saat di saat terkena air atau disinfektan tidak masalah,” jelas Wardatul Ummah dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4/2021).

 

Baca juga:

Pemuda Muhammadiyah Segera Rilis Aplikasi Ojek Online Nasional

 

Sajadah plastik beraneka warna berukuran 60 x 120 cm ini oleh siswa  ditambahkan motif lukis beragam corak, agar lebih menarik dan menambah semangat pemakainya untuk lebih giat beribadah salat.

Tidak lupa untuk menginggatkan protokol kesehatan, di kanan bawah SAJANA disematkan tulisan “Sesudah Sholat, Semprot/Dilap Disinfektan” atau tulisan “Ayo: Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun dan Jaga Jarak Sosial”.

Selanjutnya seluruh produk akan dipasarkan oleh siswa dan guru melalui media sosial mereka, yang diharapkan bisa laku untuk keperluan ibadah saat Ramadhan dan Idul Fitri.

Melalui kegiatan ini, SMP Muhammadiyah 5 Surabaya mengharapkan anak didiknya untuk memberi sumbangsih bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah salat serta memberikan peluang usaha sebagai pendidikan ekonomi kreatif atau entrepreneur sejak dini. (rls/Muhammadiyah)

 

Baca juga:

Haedar Nashir: Bekas Ibadah Ramadan Harus Nampak dalam Perilaku, Ucapan dan Amal Saleh


Back to Top