Dubes Saudi untuk Indonesia: Insya Allah Akan Ada Kabar Bagus terkait Haji 2021

gomuslim.co.id – Pemerintah Arab Saudi belum mengumumkan tentang kepastian penyelenggaan haji tahun 2021. Namun, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Altaghafi menyampaikan optimismenya terkait haji 2021 meski dengan kuota yang sangat terbatas.

"Insya Allah akan ada berita bagus terkait hal itu. Kami juga masih menunggu informasi ataupun berita terbaru tapi insya Allah akan ada ibadah haji untuk Muslim di Indonesia serta Muslim di dunia," ujar Esam Abid di Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Meski begitu, Dubes Esam belum dapat memastikan kapan penyelenggaraan haji resmi diumumkan kepada Muslim di Indonesia maupun di negara lain. "Bagi Muslim di Indonesia dan juga bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia apa yang harus mereka siapkan yakni terkait vaksinasi," kata dia.

Mereka yang mengikuti ibadah haji harus divaksin COVID-19 terlebih dahulu sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Vaksin itu terkait dengan jenis vaksin dan tentu saja itu adalah hal utama dan tentu saja nantinya kita akan mengetahui kuota kemudian," kata dia.

Sebab, lanjut Dubes Esam, kuota yang akan disediakan untuk Indonesia itu akan sama dengan negara Muslim lainnya di dunia.

Ketua Bidang Pengurus MUI Pusat, KH Cholil Nafis mengaku berbincang dengan Dubes Esam terkait penyelenggaraan haji tahun ini.

Dalam perbincangan tersebut, KH Cholil mengungkapkan bahwa Dubes Esam tidak menyebutkan berapa kuota jamaah haji dan kapan kepastian haji akan diumumkan

 

Baca juga:

BPKH Siap Investasikan Dana Haji ke Sektor Perhotelan di Saudi Tahun Ini

 

"Saya tadi sempat berbincang dengan Dubes Esam. Saya tanya sedikit ke beliau, apakah ada haji? Insya Allah ada, tapi kuotanya sedikit," kata KH Cholil.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Arab Saudi meluncurkan program pemberian 3000 paket sembako dan 15 ton kurma istimewa hadiah dari Raja Salman bin Abdulaziz untuk masyarakat muslim di Indonesia. Kerajaan juga memberikan 10.000 paket berbuka puasa untuk dibagikan kepada para fakir miskin, anak yatim dan tim medis.

Pemberian simbolik dilakukan langsung oleh Duta besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi kepada Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI Prof Kamaruddin Amin di Kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi di Jakarta.

Selain pemberian paket sembako, berbuka maupun kurma, pemerintah Arab Saudi menyerahkan 30.000 eksemplar Alquran dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

Dubes Esam mengatakan bahwa hubungan sejarah antara Arab Saudi dan Indonesia sangat kuat. "Seperti yang Anda ketahui bahwa kita berada dalam bulan suci Ramadan ini dan apresiasi seperti ini untuk menunjukkan kepada para saudara kami disini di Indonesia bahwa kami sangat dekat bersama mereka khususnya pada bulan suci Ramadan," kata Esam.

Hibah paket sembako, berbuka puasa, kurma dan Alquran akan didistribusikan ke lembaga, organisasi masyarakat (Ormas) Islam, pesantren, masjid, maupun para fakir dan miskin. (Antara)

 

Baca juga:

Libatkan Ormas Islam, Dirjen PHU Bakal Gelar Bahtsul Masail Haji


Back to Top