Serius Belajar Islam Selama 7 Bulan, Eks Bintang NBA Ini Akhirnya Jadi Mualaf

gomuslim.co.id – Tahun 2020 lalu, dunia dihebohkan dengan kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam di Minneapolis Amerika Serikat, akibat ulah oknum petugas polisi. Publik marah setelah video viral, yang memperlihatkan momen ketika leher Floyd ditindih oleh Chauvin selama hampir sembilan menit.

Kasus pembunuhan ini ternyata mempengaruhi keputusan mantan bintang National Basketball Association (NBA), Stephen Jackson menjadi mualaf. Jackson memeluk agama Islam sejak Januari 2021 lalu. George Floyd sendiri merupakan sahabat Jackson.

Jackson mengaku sangat dekat dengan Floyd. Bahkan dia menganggapnya sebagai saudara kembarnya.

Mantan pemain Spurs ini mengumumkan telah menjadi mualaf lewat media sosial miliknya pada akhir Februari lalu. Jackson mengunggah beberapa foto termasuk satu video ketika mengucapkan Syahadat.

Pria 42 tahun itu sebenarnya telah resmi menjadi pemeluk agama Islam sejak 6 Januari 2021. Namun Jackson baru mengumumkannya kepada publik pada Februari.

Jackson mengungkapkan perjalanannya memutuskan pindah agama dan memeluk Islam. Dia mengaku menemukan hidayah setelah mempelajari Islam selama beberapa bulan. Namun ajaran Islam sudah dikenal Jackson selama bertahun-tahun.

Selain dikenal sebagai bintang NBA, Ayah dari dua anak ini juga turut berperan sebagai aktivis HAM dan pejuang keadilan rasial.

Lantaran interaksi dalam pergerakan aktivis itu, serta pengaruh teman-teman menjadikannya tertarik selama bertahun-tahun untuk mengenal agama Islam.

Selain itu, deretan bintang lawas NBA muslim yang sangat ngetop sebelumnya seperti Kareem Abdul-Jabbar, Hakeem Olajuwon, Mahmoud Abdul-Rauf hingga Shareef Abdur-Rahim pun jadi salah satu aspek yang memberikan pandangan tentang Islam.

 

Baca juga:

Ikuti Jejak Kareem Abdul-Jabbar, Mantan Bintang NBA Ini Resmi Masuk Islam

 

"Saya telah mempelajari Islam dengan serius selama 7 bulan, tetapi telah tertarik selama bertahun-tahun sebelumnya. Percakapan sepenuh hati pertama kali saya tentang pindah agama adalah pada tahun 2013," ungkap Jackson seperti dilansir dari publikasi Religion News, Jumat (9/4/2021).

Dalam perjalanannya menemukan Islam, Jackson mengaku mendapat bantuan dari seorang rapper di Amerika Serikat. Seorang wanita asal Kanada juga banyak membantunya usai menjadi mualaf dengan memberikan sajadah.

"Ini dimulai dengan seorang teman saya, Hanif, juga dikenal sebagai Neef Buck, dari duo rap Young Gunz. Saya melihat dia berdoa dan terus menanyakan pertanyaan tentang bagaimana dia berdoa, dan apa yang dia katakan ketika dia melakukannya," jelasnya.

“Tapi saya belum berniat apa-apa saat itu, sampai ketika seorang teman dekatku yang bernama Jibril, dibunuh, seseorang yang biasa saya ajak bicara tidak hanya tentang Islam, tetapi juga berdoa bersama,” ujar Jackson.

“Di pemakaman, ibunya mendapatkan ketenangan dan kepastian yang sama seperti yang saya ingat darinya. Dia terhibur mengetahui dia sedang dalam perjalanan ke surga, insya Allah (Insya Allah). Itu adalah hari dimana saya benar-benar memutuskan (memeluk Islam),” tegasnya.

Meski baru beberapa bulan pindah agama, Jackson serius mendalami agama Islam. Beberapa kali dia mengutip ayat Alquran dan juga artikel keislaman. Dia juga seringkali mengingatkan saat datang waktu salat.

Salah satu petikan ayat yang diunggah adalah Al-Baqarah ayat 255, yang tak lain adalah ayat kursi.

Jackson pernah 14 tahun bermain di NBA. Jackson baru pensiun dari NBA pada tahun 2015. Karier tertingginya terjadi ketika membela San Antonio Spurs. Jackson membantu Spurs juara NBA pada tahun 2003.

Selain Spurs, Jackson pernah memperkuat New Jersey Nets, Los Angeles Clippers, Milwaukee Bucks, Golden State Warriors, Atlanta Hawks, Indiana Pacers hingga Charlotte Bobcats. (jms/religionnews/liputan6/viva)

 

Baca juga:

Muslim Amerika Cetak Sejarah di Pemilu 2020


Back to Top