Kabar Duka, Ulama Kharismatik asal Tangerang Abuya KH Uci Turtusi Wafat

gomuslim.co.id – Umat Islam di Tanah Air kembali berduka. Salah satu ulama besar di Tangerang, Abuya KH. Uci Thurtusi dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (6/4/2021). Kabar wafatnya ulama yang akrab disapa Abuya Uci itu menyebar luas di media sosial. Namun, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya Abuya Uci.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy juga memposting kabar ini melalui akun Facebooknya. "Innalilahi wa innailaihi rajiun. Turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya guru kami Abuya Uci Turtusi. Semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT," tulis Andika.

Abah Uci merupakan seorang Pengasuh sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren dan Majelis Ta'lim Al-Istiqlaliyyah di Kampung Cilongok, Desa Sukamantri Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

Beliau adalah tokoh ulama besar yang sangat dihormati dan disegani oleh semua kalangan masyarakat. Abuya Uci sangat berjasa besar karena telah mengharumkan bangsa Indonesia terutama Kabupaten Tangerang.

Ulama kharismatik ini rutin menggelar pengajian setiap hari Ahad dan selalu dipadati oleh jamaah. Salah satu pengajian yang paling besar dari Abuya Uci adalah Haul Tuan Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani yang diadakan setiap tahun. Haul ini biasanya dihadiri ribuan jamaah hingga jadi lautan manusia.

Bukan ulama biasa, Abuya Uci merupakan sosok ulama yang dikenal hingga luar negeri, seperti Mesir, Yaman, Arab, India, Irak, Maroko. Ulama-ulama dari negara tersebut kerap datang ke pengajian Abuya Uci.

 

Baca juga:

Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un, Syekh Ali Jaber Tutup Usia

 

KH Uci Turtusi memulai pendidikannya dengan belajar langsung kepada ayahnya, Abuya Dimyathi Cilongok. Setelah selesai belajar dengan ayahnya, beliau melanjutkan pendidikannyan dengan belajar kepada 32 orang guru di berbagai pesantren, yang beliau tempuh selama 32 tahun.

Ketika belajar di pesantren, beliau termasuk orang yang sering pindah-pindah. Paling lama waktu belajar, beliau tempuh selama 3 tahun lebih bahkan ada yang hanya sehari kemudian beliau pindah lagi.

Hal tersebut dikarenakan ketika pengasuh pesantren mengetahui bahwa beliau adalah anak Abuya Dimyathi Cilongok, maka kebanyakan para kiai justru tidak berani menerimanya sebagai murid.

Abuya Uci juga dikenal sahabat dekat dari Gus Dur dan Muhammad Luthfi bin Yahya alias Habib Lutfi. (jms/okezone/kompas/dbs)

 

Baca juga:

Kabar Duka, Pimpinan PM Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi Tutup Usia

 


Back to Top