Permudah Temukan Masjid dan Salat Jamaah, Pelajar Taiwan Kembangkan Aplikasi Wahdapp

gomuslim.co.id – Seorang mahasiswa Taiwan yang belajar di Turki membuat aplikasi seluler yang dapat membantu Muslim menemukan lokasi salat berjamaah. Aplikasi yang dibuat Cheng Ping tersebut dinamai Wahdapp.

Wahdapp sendiri telah tersedia melalui Google Play dan App Store Apple sejak pertengahan Februari lalu. "Wahda adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti persatuan, kebersamaan, dan gagasan serupa. Saya harap aplikasi ini membantu mempersatukan umat Islam," kata Cheng seperti dilansir dari publikasi CAN, Senin (1/3/2021).

Uniknya, pengguna aplikasi ini dapat mengetahui apakah ada Muslim lain di sekitarnya dan bisa mengirimkan undangan untuk mengadakan salat berjamaah. Aplikasi ini juga membantu pengguna untuk menemukan tempat ibadah terdekat untuk salat lima waktu.

Cheng Ping sendiri tumbuh dalam keluarga Muslim. Saat ini, dia sedang menempuh pendidikan di Universitas Bilkent, Turki.

Menurut Cheng Ping, salat bersama orang lain (berjamaah) lebih bermanfaat dibandingkan salat sendiri. Karena dalam sebuah hadits dikatakan bahwa pahala salat berjamaah 27 kali lebih besar dari pada salat yang dilakukan seorang diri.

 

Baca juga:

Kembangkan Fitur Baru, Aplikasi Muslimapp.id Jamin Kerahasiaan Data Pengguna

 

Cheng mengatakan, bagi Muslim yang tinggal di negara non-Muslim mungkin mengalami kesulitan untuk salat berjamaah. Bahkan, Muslim tidak bisa mendengar azan dari masjid atau sulit menemukan masjid.

Cheng membutuhkan waktu hampir satu tahun untuk mengembangkan aplikasinya. Selama itu, dia telah menerima banyak tanggapan dari umat Islam di Eropa dan Amerika Serikat melalui forum online.

Cheng mengatakan dia didorong oleh tanggapan online. Dia berharap aplikasi, yang tersedia dalam beberapa bahasa, dapat menarik pengguna di negara-negara non-Muslim.

Saat ini, aplikasi Wahdapp tersedia secara bebas iklan. Aplikasi ini juga tersedia dalam bahasa Inggris, Arab, Cina tradisional dan sederhana, Turki, Prancis, Rusia dan Indonesia. (jms/TaiwanFocus/CNA)

 

Baca juga:

Inilah Aplikasi Pencari Makanan Halal Taiwan Karya Mahasiswa Indonesia


Back to Top