Yuk, Jadi Content Creator Islami di Umma Syiar Digital Indonesia 2021

gomuslim.co.id - Model syiar Islam kini semakin berkembang pesat dan dinamis seiring kemajuan teknologi. Beragam pesan Islami baik dalam bentuk tausiyah, talkshow, maupun storytelling, bermunculan di berbagai platform media sosial. Kemajuan teknologi di era digital ini menjadi tantangan tersendiri sekaligus peluang untuk mengoptimalkan peran dan kiprah generasi muda dalam menyebarkan syiar Islam.

Menjawab tantangan tersebut, di awal tahun 2021 ini, aplikasi Muslim umma menggelar Syiar Digital Indonesia 2021 dengan tagline “Young Penting Dakwah!”. Event ini merupakan ajang pencarian bakat syiar Islami melalui konten digital yang dibuka untuk umum dari 20 Februari hingga 15 Juni 2021 dengan periode waktu pendaftaran dan pengiriman karya dari tanggal 20 Februari hingga 7 Maret 2021.

"Sebagai platform komunitas Muslim, aplikasi umma berperan sebagai akselerator bagi proses kaderisasi content creator Islami agar terus relevan dan beradaptasi dengan pola konsumsi konten di masyarakat. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, umma didesain untuk menjadi platform yang tepat bagi para content creator Muslim untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dalam ekosistem digital umat Islam yang Rahmatan lil Alamin," kata Co-Founder dan CEO umma Indra Wiralaksmana dalam siaran pers yang diterima gomuslim pada Kamis (24/02/2021).

Menurut Indra, syiar Islami di Indonesia, khususnya di dunia digital membutuhkan lebih banyak figur untuk dikembangkan dan diangkat ke hadapan publik. Indra berharap, event ini dapat memunculkan figur-figur baru dalam dunia syiar Islam yang dapat menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat secara luas dan massif secara digital.

“Event ini bertujuan menemukan dan mengangkat figur content creator Islami berpotensi yang saat ini belum dikenal masyarakat luas ke panggung nasional, serta meningkatkan kapabilitas content creator dalam bersyiar melalui media digital," papar Indra.

Baca Juga: 

Lewat uResolution, Uclass Ajak Umat Siapkan Resolusi Terbaik Awal Tahun 2021

Syiar Digital Indonesia 2021 mengambil tema: Cakap Digital, Cermat Bersyiar. Adapun rincian ketentuan dan persyaratannya adalah sebagai berikut:

Periode Pendaftaran Peserta: Sabtu, 20 Februari 2021 - Minggu, 7 Maret 2021

Persyaratan Peserta:

Warga Negara Indonesia, berusia 17-35 tahun
Kompetisi terbuka untuk umum, baik pria maupun wanita
Mengisi formulir pendaftaran yang diakses melalui tautanbit.ly/syiardigital
Peserta membuat contoh konten Islami dengan memilih salah satu jenis konten: Talkshow (bincang-bincang), Tausiyah, Storytelling (bercerita), atau Murottal Al Qur’an.
Konten dibuat dalam bentuk video atau audio dengan format MP3, MP4, FLAC, OGA, OGG, atau WAV, dan berdurasi maksimal 3 menit (File audio maks. 5MB dan file video maks. 25MB). Contoh konten dilampirkan bersama formulir pendaftaran ke alamat email maueksis@umma.id, atau diunggah melalui Google form yang diakses melalui tautan berikut: bit.ly/syiardigital

Total hadiah Syiar Digital Indonesia 2021 untuk 10 besar pemenang adalah uang tunai sejumlah 50 juta rupiah serta fasilitas produksi podcast eksklusif (rekaman syiar berbentuk audio) bersama umma sebanyak 10 episode untuk juara 1, 2 dan 3, dan 5 episode untuk semifinalis 4-10.

Proses seleksi peserta Syiar Digital Indonesia 2021 terdiri atas beberapa tahap. Pada tahap pertama, peserta yang mendaftar akan diseleksi di babak Penyisihan I menjadi 50 orang untuk mendapatkan sesi pelatihan materi konten Islami dan pembuatan konten.

Peserta terpilih pada babak Penyisihan I akan diberikan tema spesifik yang dipilih untuk kemudian membuat 1 episode podcast/video sesuai dengan hasil pelatihan. Selanjutnya akan masuk ke babak Penyisihan II yang akan diseleksi kembali menjadi 20 peserta untuk menuju babak semifinal dan final hingga mendapatkan tiga pemenang. 10 besar peserta yang terpilih masuk ke babak semifinal akan mulai ditampilkan kontennya di aplikasi umma pada bulan Ramadan 1442H.

Baca Juga:

Rambah Kanal Digital, Pemprov Jabar Gandeng Aplikasi UMMA Indonesia Sebarkan Konten Positif

Dewan Juri yang akan menyeleksi dan menilai karya-karya para peserta adalah perwakilan dari Organisasi Masyarakat Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Dewan Masjid Indonesia, Media Republika dan umma Indonesia yang sekaligus sebagai penyelenggara event. (*)


Back to Top