Riau Dorong Santri Bisa Usaha di Bidang Pembibitan Sawit

gomuslim.co.id - Sebagai daerah yang perekonomiannya dipengaruhi oleh kebun sawit, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan bahwa santri perlu mengembangkan usaha mikro kecil menengah di bidang sawit. Hal ini juga selaras dengan keinginan wakil presiden Republik Indonesia Maruf Amin yang ingin mencetak santri menjadi siap berwirausaha.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan daerahnya memiliki wilayah kebun sawit yang luas dan pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh sawit sehingga para santri perlu didorong untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bergerak di bidang pembibitan.

Baca Juga: 

Meski Berkerja Sebagai Montir Sepeda, Pria Ini Sukses Lahirkan 5.200 Penghafal Alquran

"UMKM pembibitan sawit dikelola santri perlu dikembangkan sekaligus guna mendukung program peremajaan sawit rakyat," kata Gubernur Riau Syamsuar kepada pers di Pekanbaru, Rabu (24/02/2021).

Dia mengatakan, kebijakan ini sekaligus mewujudkan keinginan pak Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin agar pondok pesantren selain mencetak santri menjadi ulama namun santri juga siap berwirausaha.

Untuk itu, kata Syamsuar menyebutkan, pihaknya juga sudah berbicara dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Provinsi Riau agar bisa memberikan bantuan apa saja yang dibutuhkan dalam upaya pengembangan UMKM pembibitan sawit itu oleh Pondok Pesantren Riau.

"Jangan sampai Provinsi Riau memiliki kesenjangan hidup dalam kemiskinan apalagi wilayah Provinsi Riau yang memiliki potensi minyak dan gas (migas) dan ada juga potensi sawit.

Karena itulah tentunya mudah-mudahan dengan adanya gerakan ini para santri bisa membantu pemerintah mengembangkan UMKM menjadi santripreneur," ujar Gubri.

Ia berharap para santripreneur siap untuk menumbuh kembangkan UMKM apalagi ditengah pandemi COVID-19 guna menumbuhkan kembali geliat ekonomi bisa saja melalui program pengembangan ekonomi kreatif dengan beragam inovasi baru.

Baca Juga:

Wagub Jabar Bentuk Kampung Santri di Tasikmalaya

"Tumbuhnya ekonomi kreatif saya contohkan lidi sawit bisa dibuat macam-macam, selain itu sawit juga dapat diolah menjadi gula merah," ujar Syamsuar. (*)


Back to Top