Masjid Al-Aqsa Dibuka untuk Jamaah pada Bulan Ramadan

gomuslim.co.id – Seluruh bagian kompleks Masjid Al-Aqsa akan dibuka untuk jamaah Muslim selama bulan suci Ramadan tahun ini.

Dilansir dari publikasi Sahafaty, Rabu (24/2/2021), Departemen Wakaf Islam al-Quds, yang mengelola urusan Masjid Al-Aqsa, mengumumkan semua jamaah dapat salat di semua bagian kompleks selama bulan suci.

Namun demikian, Departemen tersebut meminta semua orang yang pergi ke masjid untuk mematuhi semua protokol kesehatan.

Otoritas setempat juga mendesak semua warga Palestina untuk menyuntikkan vaksin virus corona sebelum Ramadan untuk membantu mengekang penyakit menular itu.

Masjid Al-Aqsa ditutup untuk jamaah selama Ramadan tahun lalu karena pandemi COVID-19.

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Pada bulan ini, umat muslim di seluruh dunia berpuasa selama sebulan penuh dan melaksanakan salat tarawih pada malam harinya.

 

Baca juga:

Aqsa Working Group Salurkan Bantuan Musim Dingin untuk Warga Gaza

 

Umat muslim juga menghabiskan banyak waktu selama bulan Ramadan untuk membaca Alquran. Tahun ini, Ramadan akan jatuh pada bulan April dan Mei (sekitar 12 April - 12 Mei).

Sebelumnya, warga Muslim pada Jumat (12/2/2021) lalu dapat kembali salat Jumat di Masjid Al-Aqsa setelah Israel melonggarkan kebijakan lockdown, atau penutupan wilayah dan penghentian kegiatan, yang ketiga.

Saat pemberlakuan lockdown, hanya warga Kota Lama Yerusalem yang diizinkan memasuki kawasan Masjid Al Aqsa, yang berada di bawah pengawasan Yordania.

Kawasan ini adalah lokasi tersuci ketiga dalam agama Islam, setelah Makkah dan Madinah.

Di kawasan ini juga terdapat Kubah Batu atau Dome of the Rock, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Al Haram Asy Syarif atau “tanah suci yang mulia.” Ada pula Temple Mount yang menjadi tempat tersuci warga Yahudi karena menjadi lokasi beberapa situs kuno. (jms/iqna)

 

Baca juga:

Replika Masjid Al Aqsha Akan Dibangun di Bogor


Back to Top