UMM Peringkat 1 Kampus Islam Terbaik Dunia Versi Uni Rank

gomuslim.co.id – Kabar baik datang bagi dunia kampus Islam di tanah air. Baru-baru ini, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinobatkan sebagai universitas Islam terbaik nomor 1 di dunia versi Uni Rank.

Selain UMM, empat kampus Islam lainnya juga masuk 10 besar Islamic Universities 2021. Keempatnya yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Islam Indonesia

Peringkat tersebut dirilis oleh UniRank, sebagai direktori perangkingan perguruan tinggi internasional lewat 4icu.org. UMM berhasil mengungguli Iran University of Science and Technology dan Cairo University.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengaku gembira atas prestasi yang diraih perguruan tinggi Muhammadiyah. Menurutnya, capaian yang diakui secara nasional dan internasional tersebut benar-benar membanggakan.

“Alhamdulillah sungguh menggembirakan menerima pengumuman ‘The 2021 uniRank: University Ranking of the Top Islamic Universities in the World'. Dari urutan sepuluh besar berhasil UMM menempati  nomor satu atau teratas, disusul nomor empat UMY, dan UMS pada urutan kedelapan,” tulis Hedar melalui akun Twitter resmi @HaedarNs beberapa waktu lalu.

Dia memberikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada PTM, Majelis Diktilitbang, dan PWM, serta semua komponen Persyarikatan yang berkhidmat sepenuh komitmen, kesungguhan, pengorbanan,pengabdian, dan usaha yang tiada henti dalam spirit tidak banyak bicara tetapi banyak bekerja yang nyata dan membanggakan.

“Semuanya telah berbuat dengan cerdas, berkualitas, profesional, objektif, serta memberi manfaat strategis dan kemanfaatan besar bagi kemajuan Persyarikatan, umat, bangsa, dan kemanusiaan global," kata Haedar.

 

Baca juga:

Setara Hotel Berbintang, Pembangunan Asrama UIII Segera Rampung 

 

Dia menuturkan, apa yang dilakukan perguruan tinggi dan amal usaha Muhammadiyah membuktikan bahwa Muhammadiyah memberi energi positif yang unggul, menebar kebaikan bagi umat, bangsa, dan dunia.

Untuk masuk dalam daftar “The 2021 uniRank University Ranking of the Top Islamic Universities in the World” atau peringkat universitas Islam terbaik di dunia menurut UniRank, setidaknya harus memenuhi tiga kriteria.

Pertama, kampus itu secara resmi diakui, dilisensikan, dan/atau diakreditasi oleh badan nasional atau regional seperti kementerian pendidikan tinggi atau organisasi akreditasi yang diakui pemerintah.

Kedua, kampus itu diberi wewenang untuk memberikan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) dan/atau gelar pascasarjana (gelar magister dan doktor).

Sementara, yang ketiga, kampus itu menyediakan pendidikan tinggi terutama dalam format pembelajaran tradisional, tatap muka, dan nonjarak jauh. (jms/sindo/dbs)

Berikut 20 universitas Islam terbaik di dunia versi uniRank:

1. Universitas Muhammadiyah Malang      

2. Iran University of Science and Technology           

3. Cairo University               

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta               

5. Umm al-Qura University

6. Shahid Beheshti University of Medical Sciences

7. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta  

9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang               

10. Universitas Islam Indonesia

 

Baca juga:

PTKI Bisa Bersaing dengan Umum, Ini yang Harus Dilakukan


Back to Top