Dibawah Inisiatif 2023, Arab Saudi Buka Rekrutmen Tentara Wanita

gomuslim.co.id - Kerajaan Arab Saudi membuat sebuah keputusan terkait perekrutan wanita sebagai militer. Para kaum hawa bisa mendaftarkan dirnya sebagai angkatan darat, Pertahanan Udara, Angkatan laut Angkatan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Tak hanya itu, wanita Arab Saudi juga dapat direkrut sebagai tentara, kopral tombak, kopral, sersan, dan staf sersan.

Sebelumnya, hanya pria yang diperbolehkan untuk berprofesi dibidang militer. Namun, kementerian Pertahanan Arab Saudi mengumumkan bahwa pria dan wanita di negara tersebut sudah dapat melamar profesi militer.

 

Baca Juga: 

Partisipasi Wanita Arab Saudi di Olahraga Naik 150%

 

Mengutip dari Repulika yang melansir dari Alarabiya, pada Minggu (21/02/2021para wanita dapat mendaftar untuk bergabung dengan Angkatan Darat Arab Saudi, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Angkatan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Langkah baru ini dilakukan di bawah inisiatif Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Hal ini untuk membuat reformasi yang memajukan wanita Arab Saudi di berbagai bidang.

Kementerian mengatakan, untuk bergabung dengan angkatan bersenjata, seorang wanita harus berusia antara 21 dan 40 tahun, tinggi 155 cm atau lebih, dan tidak boleh menjadi pegawai pemerintah. Dia juga harus lulus prosedur penerimaan, memiliki catatan kriminal yang bersih, dan sehat secara medis untuk layanan.

Seorang wanita Arab Saudi juga harus memiliki kartu identitas nasional independen, setidaknya memiliki pendidikan sekolah menengah, dan tidak boleh menikah dengan warga negara non-Arab Saudi. Untuk warga negara pria yang ingin bergabung dengan angkatan bersenjata, mereka harus berusia antara 17 dan 40 tahun dan memiliki tinggi minimal 160 sentimeter.

 

Baca Juga: 

Arab Saudi Luncurkan Sayap Militer Pertama untuk Wanita

 

Mereka juga harus lulus prosedur penerimaan, memiliki catatan kriminal yang bersih, dan membuktikan bahwa mereka secara medis layak untuk bertugas.  Sebelumnya juga diberitakan bahwa rab Saudi meluncurkan sayap militer pertamanya untuk wanita di angkatan bersenjata. (Wan/Republika)


Back to Top