Cegah Radikalisme, Saudi Resmikan Akademi Mediasi dan Moderasi

gomuslim.co.id – Kerajaan Arab Saudi meresmikan Akademi Mediasi dan Moderasi di Masjidil Haram, Rabu (27/1/2021). Akademi ini berupaya menolak dan melawan pemikiran ekstremis (redikalisme) dan asing yang tidak ada hubungannya dengan Islam.

Akademi ini juga berupaya mempromosikan mediasi dan moderasi dalam semua aspek kehidupan, dan memastikan perilaku yang tepat berdasarkan Alquran dan Sunnah, tradisi dan praktik Nabi Muhammad.

Ini juga bertujuan untuk membangun pemikiran Muslim dengan benar, mempromosikan rasa kewarganegaraan dalam masyarakat, mengkonsolidasikan budaya dialog, melindungi pikiran dari kebingungan dan keraguan, dan mengidentifikasi doktrin yang licik dan pemikiran yang menyesatkan.

 

Baca juga: 

Halaman Masjidil Haram Akan Ditanami Pohon

 

Kepala Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh Abdurrahman Al-Sudais, mengatakan peresmian yang dilakukan disebabkan adanya keterkaitan keamanan yang erat dengan identitas bangsa dan kepribadian yang beradab. Untuk itu akademi ini dinilai sebagai suatu hal yang sangat diperlukan.

“Keamanan, dalam pengertian globalnya, adalah persyaratan utama bagi setiap negara, karena ini adalah fondasi stabilitas dan dasar keselamatan dan kepastiannya,” ujar Al-Sudais saat peresmian seperti dilansir dari publikasi Saudi Press Agency, Kamis (28/1/2021).

“Ini seperti kepala badan bangsa. Keamanan intelektual umat ini berarti bahwa umat Islam dapat hidup dalam masyarakatnya dengan aman dan terjamin dalam hal komponen kepribadian mereka dan perbedaan budaya dan sistem intelektual mereka, yang bersumber dari Alquran dan Sunnah,” tutupnya. (jms/spa) 

 

Baca juga:

Madinah Sabet Gelar Kota Tersehat di Dunia


Back to Top