Masjid Peterborough Dilarang Kumandangkan Azan Lewat Pengeras Suara

gomuslim.co.id - Rencana untuk menyiarkan adzan melalui pengeras suara tiga kali sehari ke lingkungan kota telah ditolak dewan kota Peterborough, Inggris.

Dilansir dari publikasi BBC, Kamis (28/01/2021) sebelumnya, Masjid Ghousia di Gladstone Street di Peterborough mengajukan permohonan kepada dewan kota untuk memasang speaker di salah satu menaranya.

Izin perencanaan telah ditolak dengan alasan itu akan mengganggu warga di sekitar masjid.

 

Baca juga:

Pertama Kalinya, Masjid Terbesar di Australia Kumandangkan Azan Lewat Pengeras Suara

 

Penerapannya adalah untuk "suara azan yang diperkuat tiga kali sehari setiap hari (siang, sore dan matahari terbenam)" selama antara tiga dan lima menit sekali dari empat speker yang terletak di puncak menara.

Dalam laporan yang diserahkan ke Komite Perencanaan dan Perlindungan Lingkungan Dewan Kota Peterborough, anggota dewan Buruh Shabina Qayyum, yang mewakili bangsal Timur di sisi lain pusat kota, mengatakan: "Mengingat jumlah orang yang terkena COVID-19 dari Komunitas Muslim, dan bahwa mereka tidak dapat menghadiri salat di masjid, ini akan menjadi inisiatif yang disambut baik untuk meredakan kecemasan mereka di masa-masa sulit seperti itu. "

 

Baca juga:

10 Hadits Keutamaan Azan dan Muazin

 

Anggota dewan Demokrat Liberal Terri Haynes, yang mewakili Fletton dan Stanground, mengatakan permohonan itu harus ditolak "dengan alasan bahwa itu akan menimbulkan gangguan hukum".

"Karena Muslim telah menghadiri salat di masjid ini selama bertahun-tahun, itu tidak perlu untuk mengamalkan agama dan oleh karena itu tidak perlu ada suara berisik," katanya.

Seorang juru bicara dewan mengatakan alasan bahwa azan akan memiliki gangguan yang tidak diinginkan di sekitar masjid. Sehingga bertentangan dengan Rencana Lokal Peterborough yang Diadopsi kota dan ketentuan kebisingan dalam Kerangka Kebijakan Perencanaan Nasional. (Mr/BBC)


Back to Top