Halaman Masjidil Haram Akan Ditanami Pohon

gomuslim.co.id - Kepala Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci, Syekh Abdul Rahman Al-Sudais mengungkap rencana penanaman pohon di halaman Masjidil Haram di Makkah.

Dilansir dari publikasi Saudi Gazette, Rabu (27/1/2021), dia mengatakan, proposal untuk menanam pohon di halaman Masjidil Haram sejalan dengan Visi ambisius Arab Saudi 2030. Visi tersebut berupaya memberikan kualitas hidup bagi para jemaah.

"Proposal tersebut membutuhkan kajian ilmiah, teknis, dan operasional sehingga tidak mempengaruhi wilayah yang ditetapkan untuk salat atau pergerakan jemaah," kata dia.

 

Baca juga:

Madinah Sabet Gelar Kota Tersehat di Dunia

 

Sheikh Al-Sudais menekankan perlunya menyesuaikan diri dengan rencana, dan strategi pembangunan berkelanjutan untuk mengurangi efek perubahan iklim.

Di samping itu, langkah tersebut juga bertujuan untuk mengurangi suhu dan tingkat polusi, meningkatkan kualitas udara, dan mengubah halaman menjadi ramah lingkungan, melalui dekorasi dan peneduh, sesuai dengan kondisi iklim wilayah tersebut.

Sementara itu, usulan penghijauan halaman Masjidil Haram, menurut presidensi bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup, sekaligus memperkaya pengalaman mereka yang berkunjung ke Dua Masjid Suci tersebut, selain melestarikan sumber daya alam melalui penggunaan kembali air wudhu untuk keperluan irigasi. (hmz/saudigazette/dbs/ihram)

 

Baca juga:

100 Pecinta Sejarah Hidupkan Kembali Jalur Haji Zubaida


Back to Top