Pertama Kalinya, Universitas Sydney Buka Mata Kuliah ‘Bahasa Alquran’

gomuslim.co.id - Ali Yunis Aldahesh, seorang profesor bahasa dan terjemahan di Fakultas Sastra dan Humaniora Universitas Sydney, Departemen Bahasa dan Budaya Arab, merancang mata kuliah baru untuk memenuhi kebutuhan akademis mahasiwa berbahasa Arab. Dia menyebutnya "Alquran Arab".

Menurut profesor tersebut, belum pernah ada mata kuliah semacam itu dalam sejarah Australia yang di dalamnya bahasa Arab klasik, bahasa Alquran, yang diajarkan di universitas-universitas Australia.

University of Sydney akan mulai mengajarkan mata pelajaran ini kepada mahasiswa mulai semester kedua bulan Agustus.

 

Baca juga:

Universitas Harvard Kutip Ayat Alquran di Pintu Masuk Perpustakaan

 

“Bahasa Alquran memiliki perbedaan dengan bahasa Arab yang diajarkan saat ini di koran, media dan buku-buku yang diajarkan di sekolah-sekolah Arab, dan siswa bahasa Arab, baik mereka asli berbahasa Arab atau sedang belajar bahasa Arab di tingkat yang lebih tinggi diajar,” kata Aldahesh.

Profesor Universitas Sydney menekankan bahwa dia bertekad untuk membahas struktur-struktur linguistik dan tata bahasa Alquran serta mengajarkannya kepada mahasiswa pascasarjana bahasa dan sastra Arab.

 

Baca juga:

Cegah Kesalahpahaman, Pria Hindu Terjemahkan Alquran ke Bahasa Lokal India

 

“Kurikulum saya bukanlah kurikulum agama atau teologis, itu adalah metode linguistik dan saya selalu menekankan bahwa metode linguistik dan sastra untuk menafsirkan Alquran adalah metode yang paling benar,” imbuhnya.

Menurut Aldahesh, pelajaran bahasa Arab Alquran akan menjadi pelajaran tersulit bagi pembelajar bahasa Arab. Karena itu menuntut banyak pekerjaan dari siswa, termasuk penyajian secara lisan tentang makna teks Alquran, di sisi tugas mingguan dan persyaratan lain untuk mengajar Alquran. (Mr/Iqna)


Back to Top