Wapres Sampaikan Tiga Hal Ini Agar Gerakan Nasional Wakaf Tunai Berjalan

gomuslim.co.id – Pemerintah semakin gencar dalam mendorong pengembangan wakaf produktif di Tanah Air. Salah satunya dengan melakukan transformasi wakaf, yakni melalui program wakaf tunai.

Namun begitu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut transformasi wakaf di Indonesia memerlukan langkah fundamental besar. Wapres menyebutkan ada tiga upaya yang harus dikerjakan bersama oleh seluruh pihak untuk menjalankan wakaf uang nasional.

“Pertama, melakukan business process reengineering atau rekayasa ulang proses bisnis wakaf uang,” ujar Wapres dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (22/1/2021).  

Kedua, adalah dengan menetapkan program strategis wakaf nasional yang perlu didukung para tokoh, ulama dan masyarakat. Kemudian, ketiga, dengan melakukan gerakan kampanye bersama dalam mengumpulkan wakaf uang sekaligus melakukan literasi dan edukasi tentang pentingnya wakaf tunai.

“Hal itu agar masyarakat dapat secara bersama-sama berwakaf, dengan menyerahkan uangnya untuk dikelola. Hasilnya, akan digunakan untuk mendanai program strategis wakaf nasional,” paparnya.

Selain itu, Wapres juga mengingatkan tentang pentingnya memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menyukseskan program wakaf tunai nasional.

“Tidak kalah penting juga adalah melakukan digitalisasi pada setiap prosesnya, serta terkoneksi dengan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah nasional,” katanya.

Apabila semua langkah kunci dan faktor pendukung tersebut dilakukan dengan baik, katanya, maka transformasi wakaf uang di Indonesia akan berjalan sesuai tujuan yang diharapkan.

 

Baca juga:

Menag Harap Manfaat Gerakan Wakaf Uang Dirasakan Umat

 

“Hasilnya adalah pengelolaan yang mampu memobilisasi wakaf uang secara maksimal, investasi yang optimal, dan hasil manfaatnya untuk mengembangkan ekonomi masyarakat dan mendukung kegiatan sosial yang semakin luas,” ujarnya.

Pemerintah akan meluncurkan program Gerakan Nasional Wakaf Tunai pada Senin (25/1), yang secara resmi dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Gerakan Nasional Wakaf Tunai merupakan inisiasi Wapres Ma’ruf Amin sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan nasional melalui partisipasi masyarakat dalam mengumpulkan dana sosial.

Wapres menilai metode wakaf tunai dapat turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, dalam peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020, Ma’ruf Amin mengatakan dirinya sudah mendapatkan lampu hijau dari Presiden Joko Widodo untuk membangun gerakan wakaf tunai tersebut.

Selain dapat mengumpulkan dana sosial, menurut Ma'ruf Amin, wakaf juga merupakan salah satu bentuk sedekah jariyah yang dalam agama Islam pahalanya tidak pernah terputus.

"Orang kalau meninggal dunia amalnya putus, kecuali tiga yang salah satunya itu sedekah yang terus mengalir. Kata ulama itu wakaf, karena modalnya tidak akan hilang," kata Ma’ruf.

Wapres menjelaskan dana sosial dari umat Islam, yang terkumpul melalui wakaf tunai tersebut, akan bersifat abadi yang jumlah pokoknya tidak boleh berkurang, namun manfaatnya akan terus berkembang. Pengelolaan dan pengembangan wakaf tunai tersebut memerlukan inovasi dan kreativitas untuk dapat menghasilkan maslahat bagi masyarakat.

"Wakaf akan terus berkembang, diinvestasikan menjadi dana abadi umat yang besar. Ini dalam rangka pengembangan dana sosial masyarakat. Itu yang Insya Allah akan kita kembangkan dalam upaya pengembangan zakat ini," ujar Wapres. (Antara)

 

Baca juga:

Global Wakaf dan PLN Mudahkan Listrik untuk Sumur Wakaf


Back to Top