Ini 7 Wanita Saudi yang Berjasa di Bidang Sains

gomuslim.co.id - Hanya 30 persen wanita di seluruh dunia yang bekerja di bidang sains, tetapi Saudi menantang tren yang sudah berlangsung lama ini.

Dilansir dari publikasi Arab News, Selasa (19/01/2021) bahwa 58 % mahasiswi Arab Saudi banyak yang belajar di bidang sains, teknologi dan teknik dan melanjutkan karir dengan studi di luar negeri.

Dalam laporan Kementerian Pendidikan Saudi, perempuan melebihi jumlah laki-laki dalam hal kelulusan dengan gelar sarjana biologi, teknologi informasi, matematika, statistik, dan fisika.

Universitas dan pusat penelitian telah mendukung langkah-langkah untuk masuknya ilmuwan wanita.

Baca juga:

Wanita Saudi Terbuka Berkarir di Dunia Militer dan Keamanan Publik

Berikut adalah ilmuwan wanita Saudi yang telah membuat jasa di lapangan untuk pekerjaan luar biasa:

Suha Kayum (Insinyur penelitian)

Dengan rentang karir selama 10 tahun, Kayum - insinyur penelitian di EXPEC Advanced Research Center Saudi Aramco - ditugaskan untuk mempercepat evolusi algoritme perangkat lunak untuk menyempurnakan simulator reservoir Aramco, yang membantu perusahaan memangkas biaya.

Kayum adalah pengembang untuk simulator cekungan dan seismik milik perusahaan. Pada 2016, dia merancang dan menerima paten untuk algoritme yang memungkinkan simulasi 1 miliar sel cekungan pertama yang dijalankan.

Dr Elaf Ahmed (Ilmuwan laboratorium)

Dengan minat penelitian yang tajam pada organisme nano, fokus utama Ahmed saat melakukan pekerjaan pascadoktoral di Universitas King Abdullah untuk Sains dan Teknologi adalah sintesis bahan nano lingkungan menggunakan biofilm yang aktif secara elektrokimia.

Dia kemudian bergabung dengan Divisi Perawatan Minyak dan Gas perusahaan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Aramco.

Fokus utamanya di divisi ini adalah melakukan proyek penelitian untuk teknologi pengolahan air dan menemukan cara baru untuk mengolah air yang ditemukan di reservoir minyak dan gas.

Ilham Abuljadayel (Ahli Imunologi)

Salah satu pencapaian paling mendalam oleh seorang ilmuwan Saudi, Dr. Ilham menemukan proses retrodifferentiation, sebuah metode yang juga dikenal sebagai diferensiasi retrograde yang mengobati penyakit darah.

Sebuah proses umum untuk pemeliharaan integritas sel terhadap agen perusak, Dr. Ilham menerapkan temuannya dalam studi praklinis pertama pada tahun 2000 bekerja sama dengan George Washington Medical Center, AS, dalam dua model hewan penyakit manusia untuk mempelajari kegunaan batang yang dibedakan kembalinya sel.

Penelitiannya telah membantu merawat 390 pasien dengan penyakit mulai dari anemia sel sabit, multiple sclerosis, talasemia, dan hepatitis C.

Dr. Abeer Al-Olayan (Ilmuwan perminyakan)

Dengan latar belakang akademis dan industri di berbagai bidang kimia selama lebih dari 20 tahun, Dr. Abeer adalah ilmuwan riset di EXPEC Advanced Research Center Saudi Aramco dan bertanggung jawab untuk memimpin inisiatif pengembangan bahan kimia.

Baca juga:

Ini Wanita Saudi Pertama Peraih Guinness World Record

Sebagai rekan di MIT, dia mengajukan abstrak penelitian fellowship yang berfokus pada pengurangan ketergantungan pada bahan kimia berbasis makanan untuk mengatasi tantangan pengeboran dan bawah permukaan. Dia memiliki 10 paten terdaftar di Kantor Paten AS untuk pengembangan metode, bahan dan komposisi dalam pengeboran dan transfer fluida.

Dr. Malak Abed Althagafi (Dokter ahli)

Didiagnosis dengan penyakit genetik yang langka di usia muda, Althagafi melihat sekilas bagaimana masa depannya selama perawatan. Jalur pendidikannya dimulai dengan studi penyakit genetik pada anak-anak dan mengarah ke patologi molekuler sebelum dia fokus pada onkologi bedah, genetika molekuler dan neuropatologi.

Dr. Malak adalah salah satu dari sedikit ahli saraf molekuler bersertifikat Amerika di dunia dan telah melakukan penelitian yang berfokus pada penguraian kode mutasi genetik pada tumor, khususnya tumor otak pada anak-anak.

Dia menjadi bagian dari Program Genom Manusia Saudi pada tahun 2014. Minat klinis dan penelitiannya terutama di bidang onkologi bedah, patologi, patologi genetika molekuler, dan neuropatologi, terutama aplikasinya untuk mengobati kanker otak.

Dr. Hind Al-Johani (Ilmuwan kimia fisik)

Minat penelitiannya adalah nano-katalisis. Pada 2017, ilmuwan Saudi ini menemukan bahwa dengan menggunakan molekul sederhana ion sitrat (dari asam sitrat) Anda dapat menstabilkan dan mengontrol struktur nanopartikel emas.

Menggunakan penemuan baru ini, temuan menunjukkan bahwa emas dapat membawa obat ke seluruh tubuh tanpa efek samping kimiawi. Melampirkan antibodi dapat memandu nanopartikel ke sel tertentu yang membutuhkan perawatan. Temuannya berdampak pada kimia lingkungan yang juga dapat digunakan untuk pemurnian air atau metode untuk menangkap emisi CO2.

Dr. Nouf Al-Numair (Ilmuwan bioinformatika molekuler)

Dijuluki decoder DNA, penelitiannya berfokus pada prediksi kemunculan awal penyakit melalui mutasi genetik.

Dia telah mencapai ini dengan menggabungkan genetika molekuler dan pemrograman komputer untuk memprediksi efek mutasi dan memberi pasien pendekatan medis yang dipersonalisasi untuk pengobatan.

Menggunakan lebih dari tujuh bahasa pemrograman untuk menganalisis gen manusia, dia telah berhasil menerbitkan sejumlah makalah dengan temuannya.

Dr. Nouf mengejar karirnya di STEM dan merupakan ilmuwan Saudi pertama yang mengambil jurusan genetika molekuler dan informasi biologi pemrograman. (Mr/Arab News)