Arkeolog Temukan Masjid Berusia 500 Tahun di Islamabad Pakistan

gomuslim.co.id Lembaga Environment Wing of the Capital Development Authority (CDA) baru-baru ini menemukan reruntuhan masjid bersejarah di dekat Danau Teratai yang diyakini berusia 500 tahun.

Dilansir dari publikasi The News, Senin (18/01/2021) Masjid tersebut awalnya diperkirakan berusia hampir 100 tahun tetapi ketika Direktorat Lingkungan meminta pendapat ahli dari otoritas terkait, mereka mempertahankan reruntuhan menunjukkan bahwa itu dibangun sekitar lima ratus tahun yang lalu.

 

Baca juga:

Arkeolog Temukan Masjid Tertua Berusia 1200 Tahun di Israel

 

Sekarang CDA sedang dalam proses pengaturan untuk survei masjid secara komprehensif untuk menentukan fakta sebenarnya tentangnya.

Direktorat Lingkungan CDA menyatakan bahwa masjid tersebut digunakan sebagai tempat ibadah oleh penduduk desa di Shakarparian.

Masjid yang ditinggalkan ini ditemukan saat upaya kebersihan diluncurkan selama pembangunan Danau Teratai. Pohon beringin yang terletak di halaman masjid juga diyakini berusia 500 tahun.

Direktur Jenderal Lingkungan CDA melakukan kunjungan ke situs masjid dan mengarahkan anggota staf untuk mempersiapkan rencana untuk mengembalikannya ke bentuk aslinya.

 

Baca juga:

Terkuak Situs Masjid Berusia 1.000 Tahun, Arkeolog UEA Soroti Periode Awal Islam

 

Para ahli dari departemen arkeologi juga akan dilibatkan dalam proses restorasi yang kemungkinan akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang.

CDA telah melestarikan dan mengembangkan Sadhu ka Bagh berusia 2.400 tahun dan gua-gua yang terletak di Shah Allah Ditta, berukuran dua hektar tanah. Selain pohon Beringin yang terkenal, pohon berumur berabad-abad lainnya termasuk Kurma, Kau, Phulai, Beringin, Mangga dan Peepal juga telah dilestarikan oleh badan sipil.

Dalam pesannya, Direktur Jenderal Lingkungan CDA mengatakan pihaknya sedang dalam 'perburuan sejarah'. "Penemuan masjid tua ini mungkin menjadi awal untuk lebih banyak penemuan di ibu kota," ujarnya. (Mr/The News)


Back to Top