Yayasan Turki Ini Bangun 14.000 Rumah di Suriah pada 2020

gomuslim.co.id - Petinggi Yayasan Insani Yatim Vakfi (IHH) Turki telah membangun 14.000 rumah untuk warga Suriah yang berada dalam kondisi putus asa akibat perang saudara pada 2020.

Berkat proyek Yayasan Insani Yatim Vakfi (IHH) Istanbul, ribuan keluarga mendapatkan kesempatan untuk tinggal di rumah yang hangat daripada di tenda sementara.

Sebanyak 14.000 rumah briket telah diserahkan, sementara pembangunan 6.000 rumah beton terus berlanjut, ungkap Selim Tosun, penanggungjawab media IHH untuk urusan Suriah.

 

Baca juga:

Yayasan Turki Bantu Pembanguan Masjid di Uganda

 

"Rumah hangat diberikan kepada ribuan keluarga di 39 daerah berbeda," kata Tosun, menambahkan bahwa mereka aktif di wilayah itu "untuk menyembuhkan luka para korban perang."

Badan tersebut menyediakan makanan, layanan kesehatan, tempat tinggal, dan pendidikan bagi warga Suriah sejak perang meletus di negara Timur Tengah pada 2011.

“Kami membuka dua universitas, 40 sekolah, enam taman kanak-kanak, sekolah kebidanan, dan pusat rehabilitasi,” kata pengurus IHH itu.

 

Baca juga:

Turki Salurkan Paket Makanan untuk Warga Miskin Bangladesh

 

"Sebanyak 15.000 siswa dididik di sekolah ini," tutur dia.

Menekankan perlunya layanan kesehatan di wilayah tersebut, dia mengatakan badan tersebut juga telah mendirikan 11 fasilitas medis, 44 pusat kesehatan, dan tiga pusat protesis hingga saat ini.

"Dua puluh tiga rumah sakit daerah juga mendapat dukungan secara teratur dari kami," kata dia, sambil memastikan kelanjutan bantuan pada tahun ini juga. (Mr/Anadolu Agency)


Back to Top