PBB Minta Israel Izinkan Vaksin COVID-19 Masuk Palestina

gomuslim.co.id - Pelapor Khusus HAM PBB di wilayah Palestina, Michael Link, meminta Israel supaya mengijinkan masuk vaksi COVID-19 untuk rakyat palestina.

Dilansir dari publikasi Palinfo, Jumat (15/01/2021), Link mengatakan, perlu diperhatikan bahwa Israel memberikan vaksin COVID-19 bagi warganya, namun tak mampu menjamin kehadiran vaksin bagi rakyat Palestina yang berada dalam jajahannya di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Link menambahkan, vaksin COVID-19 membutuhkan waktu beberapa pekan untuk tiba di Palestina seperti yang diminta otoritas Ramallah.

 

Baca juga:

Yordania Kecam Pelanggaran Terbaru Israel Terhadap Masjid Al-Aqsa

 

Menurut Link, penanganan kesehatan harus didapatkan warga Israel dan juga Palestina, karena hal ini bukan lagi masalah norma maupun hukum, namun untuk menanggulangi krisis kesehatan.

Dijelaskan Link, tercatat 160 ribu warga Palestina terinfeksi COVID-19, sejak Maret 2020, termasuk 1700 kasus meninggal, seperti dilansir badan kesehatan dunia (WHO), serta menyerukan kepada pihak Israel untuk mengijinkan masuk vaksin COVID-19 bagi rakyat Palestina.

 

Baca juga:

Mufti Besar Mesir Kutuk Agresi Israel yang Serang Pemakaman Sahabat Nabi

 

Pada Juli 2020 lalu, Link mengatakan, kebijakan Israel terhadap hak rakyat Palestina termasuk blockade Gaza, merupakan pelanggaran serius, karena menyangkut hak hidup, kebebasan bergerak, kesehatan, tempat yang sesuai dan tingkat kehidupan yang layak.

Link meminta pihak Israel segera menghentikan semua kebijakan yang menambah sanksi kolektif terhadap bangsa Palestina. (Mr/Palinfo)


Back to Top