Sukses Gelar Haji dan G20 di Tengah COVID-19, Pakar Komunikasi Inggris Puji Saudi

gomuslim.co.id - Pakar komunikasi terkemuka di Inggris, Muddassar Ahmed memuji upaya Arab Saudi dalam penyelenggaraan haji dan G20 di tengah pandemi COVID-19. 

Menurutnya, Pemerintah Saudi tidak hanya melakukan pekerjaan yang mengagumkan. Tetapi telah menjadi preseden bagi negara lain untuk diikuti sehubungan dengan penanganan haji di tengah pandemi COVID-19.

“Keputusan Kerajaan untuk menangguhkan haji selama pandemi adalah keputusan yang berani, terlebih lagi karena ini adalah acara keagamaan di mana ratusan ribu orang menghabiskan hidup mereka untuk mempersiapkannya,” kata Ahmed, pendiri Unitas Communications seperti dilansir dari publikasi Arab News, Selasa (01/12/2020).

 

Baca juga:

MUI Rilis Fatwa Pendaftaran Haji Usia Dini, Ini 3 Syaratnya

 

“Memberi tahu orang-orang yang melakukan perjalanan sekali seumur hidup bahwa rencana mereka harus ditunda tidak mudah. Tapi tidak diragukan lagi itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Dalam agama kita, perlindungan dan pelestarian kehidupan adalah nilai yang terpenting,” tambahnya.

 

Baca juga:

Wacana Vaksin COVID-19 bagi Jemaah Haji-Umrah Dapat Sambutan Positif

 

Ahmed, salah satu dari 1.000 orang paling berpengaruh di Inggris Raya, juga memuji penanganan Kerajaan dalam KTT G20 bulan lalu setelah memutuskan untuk sepenuhnya virtual, menyebutnya "tindakan yang benar."

“Dalam kedua kasus tersebut, Arab Saudi telah menjadi preseden bagi negara lain untuk mengikutinya. Kami dapat membandingkan pendekatan proaktif, berpikiran maju dan penuh kasih, serta statistik COVID-19-nya sendiri, dengan rekam jejak negara lain,” katanya. (Mr/Arab News)


Back to Top