Masjid Taksim Square Istanbul Akan Dibuka Bulan Ramadan 2021

gomuslim.co.id – Masjid Besar yang terletak di Taksim Square Istanbul, Turki diprediksi akan dibuka pada bulan suci Ramadan. Pasalnya, pembangunan masjid ikonik tersebut sudah hampir selesai.

Dilansir dari publikasi Daily News, Jumat (27/11/2020), pekerjaan fasad masjid di atas permukaan tanah yang dilanjutkan sesuai dengan aturan jarak sosial akibat pandemi, diselesaikan sementara perakitan bangunan pracetak sudah pada tahap terakhir.

Sebuah perancah pun dibangun untuk pekerjaan di masjid, di mana sebuah prasasti di pintu utama digantung dan batu bingkai diletakkan. Saat pembangunan masjid selesai, ketinggiannya, di luar menara, akan menjadi sekitar 30 meter. Tingginya sama dengan dua gereja bersejarah di kawasan itu.

 

Baca juga:

Turki Jadi Alternatif Wisata Internasional Bagi Indonesia

 

Kompleks ini juga akan memiliki gedung pertemuan, sedangkan area bawah tanahnya akan digunakan sebagai tempat parkir tertutup dengan kapasitas 180 kendaraan.

Masjid tersebut diperkirakan akan dibuka untuk salat di bulan suci Ramadan, sesuai dengan April-Mei 2021 tahun ini menurut kalender Gregorian.

Rencana pembangunan masjid di Lapangan Taksim telah dikerjakan selama beberapa dekade. Pengadilan sebelumnya menolak pembangunan masjid tersebut, karena dianggap bertentangan dengan kepentingan publik.

Bidang tanah tempat masjid dibangun saat ini dimiliki oleh Direktorat Jenderal Yayasan. (mga/DailyNews)

 

Baca juga:

Muslimah Singapura Protes Larangan Jilbab di Tempat Kerja


Back to Top