Masjid di UEA Kembali Gelar Salat Jumat Mulai 4 Desember

gomuslim.co.id – Masjid di seluruh UEA akan kembali dibuka untuk pelaksanaan salat Jumat mulai 4 Desember 2020 mendatang. Kepastian ini diumumkan oleh Emergency Crisis and Disasters Management Authority (NCEMA) UEA, Selasa (24/11/2020) lalu.

Pemerintah UEA sendiri telah mengizinkan salat berjamaah di masjid pada 1 Juli lalu dengan pengurangan kapasitas jamaah. Namun salat Jumat tetap ditangguhkan.

Masjid hanya dibolehkan terisi 30 persen dari kapasitas penuh untuk salat Jumat. Masjid akan dibuka 30 menit sebelum khutbah dan akan ditutup 30 menit setelah salat.

“Khutbah dan salat akan berlangsung selama 10 menit. Fasilitas wudhu dan kamar mandi di masjid akan tetap ditutup. Para jamaah disarankan untuk berwudhu dari rumah,” demikian seperti dilansir dari publikasi Khaleej Times, Kamis (26/11/2020).

Untuk semua salat lainnya, masjid akan dibuka 15 menit sebelum salat, kecuali Maghrib (matahari terbenam), yang akan dibuka lima menit sebelumnya. Semua masjid akan tutup 10 menit setelah salat.

 

Baca juga:

Saudi dan UEA Masuk Daftar 10 Negara Dengan Utang Terendah di Dunia

 

Para jamaah wajib memakai masker saat salat dan harus membawa sajadah sendiri. Orang tua dan mereka yang kekebalannya lemah harus menghindari pergi ke masjid.

"Para jamaah juga harus menghindari menyentuh permukaan dan gagang pintu. Mereka harus mematuhi dan mempertahankan rambu-rambu jarak yang jelas untuk menghindari kemungkinan terjadinya keramaian," kata Juru Bicara NCEMA, Dr Saif Al Dhaheri.

"Para jamaah yang ingin membaca Alquran disarankan untuk melakukannya melalui Alquran pribadi atau ponsel pintar mereka. Mereka juga disarankan mengunduh aplikasi terkait Covid-19 dan mengaktifkannya saat beribadah," sambung Al Dhaheri.

Al Dhaheri menjelaskan, bahwa larangan membagikan makanan dan air akan tetap berlaku. Kemudian dia menambahkan, masjid dan gereja di kawasan industri juga akan terus ditutup.

Sebanyak 487 masjid di Sharjah akan melanjutkan salat Jumat mulai 4 Desember. Keadaan Darurat Sharjah, Tim Manajemen Bencana telah mengeluarkan seperangkat pedoman yang harus diikuti jamaah selama salat untuk melindungi orang-orang dari Covid-19.

Departemen Urusan Islam Sharjah (SDISA) pada hari Selasa telah mengumumkan kesiapan masjid-masjid di emirat untuk salat Jumat. Di antara 487 masjid yang telah dialokasikan di emirat dan kota-kota afiliasinya, 327 di kota Sharjah, 92 di wilayah tengah dan 68 di wilayah timur. (jms/khaleejtimes/dbs)

 

Baca juga:

Ski Dubai Sabet Penghargaan Resort Indoor Terbaik di Dunia


Back to Top