Alhamdulillah, Proses Penerbitan Visa Umrah Jemaah Indonesia Kembali Berjalan

gomuslim.co.id – Konsul Jenderal (Konjen) RI di Jeddah, Eko Hartono mengungkapkan bahwa proses penerbitan visa umrah jemaah Indonesia kini kembali berjalan lancar setelah sempat mengalami penundaan selama beberapa hari.

"Informasi terbaru, visa umrah untuk jemaah Indonesia sudah keluar hari ini. Jadi insya Allah semua lancar kembali," ujar Eko, Kamis (19/11/2020).

Ia menjelaskan, salah satu alasan penangguhan sementara penerbitan visa karena ada jamaah dari Indonesia yang terpapar COVID-19. Ia berharap, kebijakan Saudi ini bisa menjadi pelajaran agar semua pihak lebih serius dalam mematuhi protokol kesehatan Saudi dan Indonesia.

 

Baca juga:

Sempat Distop, Amphuri Prediksi Jemaah Umrah Terbang Lagi 22 November

 

Dari informasi yang ia dapat, penangguhan akan dilakukan maksimal 20 November. Sementara itu, pada 22 November ada keberangkatan kelompok umrah keempat dari Indonesia yang membawa 300-an jamaah.

Perihal hasil evaluasi yang dilakukan Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) atas izin penerbangan jamaah Indonesia, Konjen Eko menyebut belum mendapat informasi resmi dari instansi tersebut. Ia berharap dalam waktu dekat bisa mendapat kabar baik.

"Belum ada informasi resmi dari GACA. Semoga segera ada. Tapi sampai saat ini tidak ada informasi pembatalan keberangkatan, Insya Allah sesuai rencana. Kita terus lakukan komunikasi dengan GACA," jelasnya.

Tim KJRI sendiri sempat melakukan pertemuan dengan Dirjen Angkatan Udara GACA, Senin (16/11/2020) lalu. Dalam pertemuan itu, belum ada keputusan resmi apakah GACA akan melanjutkan atau menangguhkan penerbangan dari Indonesia.

GACA beserta instansi terkait lainnya di Arab Saudi disebut terus melakukan evaluasi pelaksanaan penerbangan angkutan umrah. Termasuk yang menjadi bahan evaluasi adalah penerapan dan kepatuhan jamaah terhadap protokol COVID-19. Kepatuhan ini dilihat mulai dari persiapan keberangkatan di negara asal hingga kepulangan kembali jamaah. (mga/Ihram)

 

Baca juga:

AMPHURI Pastikan Arab Saudi Tidak Tutup Akses Umrah


Back to Top