MTQN Ke-28, Peserta Qiraat Sab’ah Mujawwad Wajib Kuasai Tiga Imam

gomuslim.co.id - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 sedang berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat. Seluruh cabang sedang memasuki babak penyisihan. Dari sekian cabang dan golongan, cabang Qiraat Al-Qur’an, golongan Qiraat Sab’ah Mujawwad termasuk cabang bergengsi.

Dewan Hakim Cabang Qiraat Saba’ah Mujjawad, Ahmad Muhajir mengatakan dalam perhelatan MTQ Nasional ke-28 ada penambahan imam yang wajib dikuasai seluruh peserta, dari semula dua imam menjadi tiga imam.

“Seluruh peserta mulai tahun ini wajib menguasai tiga imam yaitu Nafi, Ibn Kasir dan Abu Amr,” ujarnya saat ditemui usai perlombaan di Masjid Raya Sumatera Barat, Selasa (17/11).

 

Baca juga:

Ini Inovasi MTQ Nasional ke-28 di Tengah Pandemi

 

Qiraat Sab’ah Mujawwad memang memiliki kedudukan tinggi dalam ajang MTQ. Hal itu karena peserta harus menguasai secara mendalam tentang pengetahuan dan Teknik membaca Al-Qur’an.

Muhajir menambahkan, dalam qiraat ada tujuh imam, yaitu imam Ibnu Amir, Ibn Katsir, Ashim al-Kufi, Abu Amr, Hamzah al-Kufi, Imam Nafi dan Al-Kisai. Masing-masing peserta pun diundi oleh panitera dan harus siap dengan gaya imam sesuai hasil pengundian.

“Sebelum tampil, peserta akan diundi untuk membaca dengan gaya imam apa. Nanti setelah dapat, peserta siap,” pungkasnya.

Sampai hari ketiga, cabang Qiraat Sab’ah Mujjawad sudah menampilkan 41 peserta. Total babak penyisihan cabang ini empat hari dan final akan berlangsung pada 19 November 2020. (hmz/bimasislam)

 

Baca juga:

Berharap Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional, Gubernur Jatim Temui Kemangc


Back to Top