Negara-Negara Islam Kutuk Penerbitan Karikatur Nabi Muhammad SAW

gomuslim.co.id - Negara-negara, masyarakat dan LSM Islam kompak mengutuk publikasi karikatur Nabi Muhammad yang terpampang di beberapa bangunan di Prancis.

Qatar mengutuk peningkatan ujaran kebencian populis terhadap agama dan penghinaan yang disengaja terhadap Nabi Muhammad.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Qatar menegaskan kembali penolakan secara totalnya atas semua bentuk ujaran kebencian berdasarkan keyakinan, ras atau agama.

"Pidato populis yang menggelisahkan ini menyaksikan titik balik yang berbahaya dengan seruan institusional dan sistematis yang berkelanjutan untuk mengulangi penargetan hampir dua miliar Muslim di seluruh dunia," kata Kementerian itu.

 

Baca juga:

Negara Timur Tengah Kompak Boikot Produk Prancis Usai Macron Kritik Islam

 

Maroko juga bergabung dengan Negara-negara yang mengecam aksi islamobopia di Prancis ini.

"Kebebasan individu berakhir di mana kebebasan orang lain dan keyakinan mereka dimulai," tegas Kementerian Luar Negeri Maroko.

Kementerian luar negeri Maroko menyatakan, kebebasan berekspresi tidak dapat membenarkan provokasi, dan serangan ofensif terhadap Islam dalam alasan atau keadaan apa pun.

"Sejauh ini kerajaan Maroko mengutuk semua tindakan gelap dan kekerasan biadab yang dilakukan atas nama Islam, itu mengecam provokasi yang menyinggung kesucian agama Islam," sebut pernyataan.

Iran pun turut merespon melalui Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif yang membuat pernyataan bahwa menghina Muslim adalah penyalahgunaan yang semata-mata mengambil keuntungan atas kebebasan berbicara.

"Muslim adalah korban utama dari 'kultus kebencian'," kata Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

 

Baca juga:

Prancis Tutup Masjid Pasca Insiden Guru, Begini Reaksi Umat Muslim

 

"Menghina 1,9 miliar Muslim dan kesucian mereka untuk kejahatan menjijikkan dari ekstremis semacam itu adalah penyalahgunaan kebebasan berbicara. Itu hanya memicu ekstremisme," ujarnya.

Beberapa negara Muslim lainnya juga mengutuk penerbitan karikatur Nabi Muhammad Saw diantara Arab Saudi, Turki dan Pakistan.

Kecaman dari Negara-negara muslim ini muncul setelah penyebaran karikatur Nabi Muhammad dan komentar Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang menyudutkan Islam. (Mr/Anadolu/Arab News)


Back to Top