Wisatawan Muslim Meningkat, Korea Selatan Tambah Fasilitas Pendukung

gomuslim.co.id Wisatawan Muslim asal Indonesia terus meningkat di Korea Selatan. Karena itu Pemerintah Korea Selatan juga meningkatan sejumlah fasilitas untuk mendukung kebutuhan wisatawan muslim.

MICE Manager Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, Akhmed Faezal Alhamdi mengatakan peningkatan fasilitas tidak hanya dapat ditemukan di bandara, melainkan di beberapa tempat wisata sudah dilengkapi musala. "Toilet juga lengkap dengan tempat untuk berwudhu,” ujar Akhmed, Jumat (16/10/2020).

 

Baca juga:

Begini Cara Taiwan Tarik Wisatawan Muslim Dunia

 

Direktur KTO Jakarta pada saat itu, Andrew Jonghoon Kim, mengatakan Korea sudah melirik segmen wisatawan Muslim selama beberapa tahun belakangan.

Guna menarik pasar wisatawan baru, pemerintah Korea pun mulai membangun infrastruktur ramah Muslim. “Ya sudah dua tahun belakangan ini kita bangun infrastruktur-infrastruktur penunjang, seperti tempat ibadah,” tutur Andrew saat itu.

Sejumlah infrastruktur ramah Muslim, termasuk fasilitas tempat ibadah kala itu sudah dapat ditemukan di Seoul, Gwangzhou, Jeju, Incheon, dan beberapa kota besar lainnya.

Korea juga sudah memiliki restoran bersertifikasi halal di berbagai kota. Hal ini disampaikan oleh Media and Tourism Information Manager KTO Irma Maulida.

“Dalam kurun waktu dua tahun, sudah ada 123 restoran yang kita sertifikasi. Ke depan, masih banyak yang mau kita kembangkan dan tambah lagi,” ujar dia pada kesempatan yang sama.

 

Baca juga:

Lirik Wisata Halal, Jerman Siapkan Sarana Penunjang Turis Muslim

 

Total kunjungan wisatawan Muslim secara keseluruhan ada 511.017 wisatawan yang berkunjung ke Korea Selatan pada paruh pertama 2019.

Jumlah tersebut kerap mengalami peningkatan lantaran pada 2018, jumlahnya adalah 970.000 wisatawan Muslim dan 870.000 wisatawan Muslim pada 2017. Sementara untuk total kunjungan wisatawan secara keseluruhan, pada 2019 terdapat 17.502.756 jiwa mengutip Visit Korea.

Kemudian pada 2018 adalah 15.346.879 jiwa, dan pada 2017 total kunjungan wisatawan ke Korea Selatan adalah 13.335.758 jiwa. (Mr/Kompas)


Back to Top