Jokowi: Indonesia Konsisten Dukung Palestina

gomuslim.co.id - Presiden RI, Joko Widodo menegaskan Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya. Hal ini disampaikan Jokowi dalam pidatonya di Sidang Umum PBB ke-75, Rabu (23/9/2020).

Jokowi mengatakan Palestina yang merupakan negara anggota yang hadir dalam Konferensi Asia Afrika di Indonesia pada 75 tahun lalu hingga kini belum merasakan kemerdekaan.

 

Baca juga:

Indonesia Komitmen Tingkatkan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

 

Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk terus berkontribusi bagi perdamaian dunia.

"Spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak tanpa meninggalkan satu negara pun," kata Jokowi pada Rabu.

"Persamaan derajat inilah yang ditekankan oleh Bapak Bangsa Indonesia Soekarno (Bung Karno) saat Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955," tambah dia.

Selain isu Palestina, Presiden Joko Widodo juga menegaskan sikap Indonesia di kawasan ASEAN.

Indonesia, kata Jokowi, bersama negara-negara ASEAN terus menjaga Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

 

Baca juga:

Cegah Aneksasi Palestina, Menlu Retno Terima Banyak Dukungan

 

Dia menambahkan pada hari jadinya yang ke-53, 8 Agustus 2020 yang lalu ASEAN kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

"Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo-Pasifik, melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pacific," pungkas Jokowi. (Mr/Anadolu)


Back to Top