Bupati Siak Bangun Pesantren Hadits Pertama di Riau

gomuslim.co.id – Bupati Siak, Alfedri menginisiasi lahirnya pondok pesantren hadits pertama di Provinsi Riau. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan ruang belajar santri yang dinamai Pondok Pesantren Darul Hadits Sultan Yahya. Pesantren ini terletak di Jalan Buang Asmara.

Alfedri mengakui bahwa dirinya menginginkan adanya Tahfiz Hadits di kabupaten yang dipimpinnya. Karena itu, ia mencoba membangun pondok pesantren tahfiz hadits dengan nama Darul Hadits Sultan Yahya, dan niatnya itu pun terkabul.

"Ketika membuka MTQ 2019, saya terpikir kenapa tidak membangun Pondok Pesantren Tahfiz Hadits, sedangkan cabangnya sudah ada di perlombaan MTQ," ujar Alfedri, Senin (21/9/2020) kemarin.

Ia menjelaskan, dengan adanya Ponpes Tahfiz Hadits ini, maka menambah jumlah pesantren yang ada di Kabupaten Siak menjadi 34 tersebar hampir di seluruh kecamatan. Ini merupakan salah satu komitmen pemerintah dalam meningkatkan nilai agama di tengah masyarakat, melalui adanya pondok pesantren.

"Mudah-mudahan dengan adanya Ponpes Tahfiz Hadits ini, Siak menjadi pusat pengembangan hadits dan mencetak para ulama di Kabupaten Siak di masa yang akan datang," harapnya.

 

Baca juga:

Rayakan Lebaran Anak Yatim, Pemkot Jakut Bagikan Santunan Muharram

 

Ia mengungkapkan, minat orang tua untuk memasukkan anaknya ke pesantren sudah sangat tinggi. Seperti saat ini, jumlah santri ponpes di Kabupaten Siak sudah ada yang mencapai 1.100 santri.

Ponpes Darul Hadits Sultan Yahya Kecamatan Siak sendiri, kata dia, mendapatkan bantuan tiga ruang kelas dari pihak swasta melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan. Pembangunan Ruang Kelas Belajar (RKB) tersebut diawali dengan peletakkan batu pertama oleh Alfedri dan Ketua DPRD Siak Azmi beserta tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Hadits Sultan Yahya Abdul Rasyid Suharto membenarkan bahwa ini merupakan salah satu ide dari Bupati Siak Alfedri. Kemudian, didukung oleh Kanwil Kementerian Agama Kabupaten Siak, Majelis Ulama Indonesia, Badan Wakaf Nasional Perwakilan Siak, Badan Amil Zakat Nasional Siak serta para Nazir Wakaf.

"Untuk namanya sendiri diambil dari nama Sultan Siak ke-6 yakni Sultan Yahya sebagai bentuk penghormatan dari jasa para Sultan," ujar Rasyid.

Selain itu ia mengatkan bahwa Pondok Pesantren Darul Hadits Sultan Yahya ini bertujuan mencetak generasi ulama hadits, yang luas ilmu serta wawasannya. Ponpes masuk ke dalam pondok salafiah dengan pendidikan kesetaraan wusto dan aulia. (mga/Antara)

 

Baca juga:

Peringati 10 Muharam, Pemkab Karawang Santuni Ribuan Anak Yatim


Back to Top