Kampanye Anti Rasisme, Muslim AS Kutip Hadits dalam Kaos

gomuslim.co.id - Dewan Hubungan Amerika-Islam atau Council on American-Islamic Relations (CAIR) dan brand Islam 5ivepillars bekerjasama meluncurkan inisiatif kaos (T-shirt Initiative). Inisiatif ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Islam terhadap keadilan rasial.

Dilansir dari publikasi About Islam, Kamis (17/9/2020), kaos tersebut menampilkan kutipan hadits populer tentang persamaan ras oleh Nabi Muhammad SAW dalam khutbah terakhirnya.

Kutipan tersebut berbunyi, “Seluruh umat manusia berasal dari Adam dan Hawa. Orang Arab tidak memiliki keunggulan atas orang non-Arab, dan orang non-Arab tidak memiliki keunggulan atas orang Arab. Orang putih tidak memiliki keunggulan atas hitam dan hitam memiliki keunggulan apapun atas putih kecuali kesalehan dan perbuatan baik.”

Wakil Direktur Nasional CAIR, Edward Ahmed Mitchell mengatakan saat masyarakat terus bergulat dengan ancaman rasisme anti-kulit hitam yang meluas dan terus-menerus, lembaga Muslim Amerika harus melipatgandakan upaya untuk merayakan keragaman ras, melawan rasisme, dan menyampaikan pesan Islam tentang kesetaraan ras.

“Untuk tujuan itu, penting untuk mendukung - dalam kata dan perbuatan - organisasi yang dipimpin Afrika-Amerika yang mengadvokasi keadilan rasial di negara kita. Kami di CAIR sangat bersemangat untuk meluncurkan lini T-shirt ini dengan 5ivepillars untuk mendukung tujuan tersebut,” tulis Edward di laman Facebooknya.

 

Baca juga:

Islamophobia Meningkat, Rana Abdelhamid Buka Kelas Bela Diri di Amerika

 

Mendukung Orang Kulit Hitam

CEO 5ivepillars Farrukh Irshad percaya bahwa adalah tugas 5ivepillars untuk menggunakan sumber daya yang ada untuk kebaikan.

“Kita harus terus mendidik untuk memfokuskan kembali perhatian bangsa kita pada ketidakadilan yang terus dialami saudara-saudari kulit hitam kita. Sangat penting bagi kami untuk menggunakan platform dan alat kami untuk membantu menciptakan perubahan, memengaruhi hasil, dan mengendalikan masa depan kami,” ujar dia.

Dengan pemikiran ini, sambung dia, pihaknya bekerjasama dengan dengan Dewan Hubungan Amerika-Islam untuk meluncurkan kaos khusus ini dalam mendukung Kolaborasi Anti-Rasisme Muslim dan Aliansi Muslim Amerika Utara.

"MuslimARC dan MANA berada di garis depan dalam memanfaatkan Islam untuk memfasilitasi pendidikan keadilan rasial, melawan manifestasi rasisme, dan memajukan kesetaraan rasial di seluruh masyarakat kita."

CAIR dan 5ivepillars mendonasikan semua keuntungan dari penjualan kaos tersebut ke berbagai organisasi Muslim yang bekerja untuk mendorong keadilan rasial dan melawan rasisme anti-Hitam, dimulai dengan Kolaborasi Anti-Rasisme Muslim (MuslimARC) dan Aliansi Muslim Amerika Utara (MANA). (jms/aboutislam)

 

Baca juga:

Karena Masjid Tutup, Para Mualaf Amerika Ikrar Syahadat Secara Online

 


Back to Top