Rumah Sakit di Minnesota AS Tambahkan Pilihan Menu Halal

gomuslim.co.id - Sebuah rumah sakit lokal di St. Cloud, Minnesota, Amerika Serikat (AS) menambahkan pilihan menu halal untuk membantu pasien dan pengunjung Muslim. Pihak rumah sakit meyakini bahwa makanan adalah bagian dari proses penyembuhan.

“Saya sangat senang bahwa kami dapat membantu mereka untuk sembuh saat mereka di rumah sakit, mendapatkan makanan yang mereka ketahui,” kata Chef Kyle Wesenberg, seperti dilansir dari publikasi SC Times, Jumat (14/8/2020).

Sebelumnya, keluarga dan teman pasien Muslim harus membawa makanan dari rumah atau restoran halal ke rumah sakit.

Setelah berdiskusi dengan komunitas Muslim, Spesialis Kesehatan Komunitas, Hani Jacobson mengatakan menu halal adalah kekurangan rumah sakit.

“Itu (menu halal) sangat penting bagi komunitas ini. Makanan adalah bagian dari proses penyembuhan. Jika Anda duduk di sana khawatir tentang apa yang akan Anda makan, itu benar-benar menghambat penyembuhan Anda,” kata Jacobson.

 

Baca juga:

Lembaga Sertifikasi Halal Amerika Tawarkan Kerjasama dengan BPJPH

 

Adapun menu makanan halal yang ditawarkan di rumah sakit ini antara lain nasi, naan, chicken shawarma, chicken suqaar, dan beef masala.

Wesenberg mengatakan panci dan peralatan masak terpisah digunakan untuk menyiapkan hidangan halal. Semua staf juga telah dilatih tentang proses menyiapkan makanan.

“Sejauh ini saya mendapat umpan balik yang sangat positif pada semua orang yang memesan,” kata Wesenberg. 

Istilah halal biasanya digunakan untuk daging. Padahal halal juga berlaku untuk produk makanan lain, kosmetik, produk perawatan pribadi, dan obat-obatan yang tidak boleh berasal dari sumber non-halal seperti babi.

Halal juga berlaku untuk bahan yang dikonsumsi dan dapat dimakan lainnya. Bahan makanan tidak boleh membahayakan kesehatan manusia.

Misalnya, Islam menganggap anggur, minuman beralkohol, rokok, rokok elektrik, hookah, dan hal-hal tidak sehat lainnya adalah sesuatu yang tidak halal. (jms/sctimes/aboutislam)

 

Baca juga:

Agar Tak Salah Makan Saat Jalan-Jalan, Ini Tips Memilih Restoran Halal Mancanegara


Back to Top