Kalimantan Selatan Persiapkan Diri Helat MTQ 2022

gomuslim.co.id – Kalimantan Selatan (Kalsel) tengah menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 tingkat nasional tahun 2022 yang terbaik dan berprestasi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan, H Noor Fahmi sendiri pada Senin (10/8/2020) kemarin di Banjarmasin sudah ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional 2022 oleh Kementerian Agama RI yang diterima langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pada Minggu (10/8/2020) lalu di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Noor Fahmi menjelaskan, dalam SK Nomor 442 tanggal 20 Mei Tahun 2020 telah menetapkan Kalsel menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional yang kemudian diserahkan kepada Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama, Ahmad Juraidi.

Selain itu, Kalsel juga sudah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah MTQ nasional ini sejak 2018, namun 2020 didapat Sumatra Barat, diajukan lagi tahun ini hingga disetujui pada 2022. "Banyak juga provinsi yang mengajukan diri, namun Kalsel yang terpilih," tutur Noor Fahmi.

 

Baca juga:

Gelaran MTQ XII Banten Gunakan Protokol Kesehatan Ketat

 

Menurutnya, hal ini menjadi sejarah bagi Kalsel sendiri karena Kalsel pernah menjadi tuan rumah MTQ tingkat Nasional ini pada 1970 atau sudah lebih setengah abad yang lalu. Sehingga, kata dia, Kalsel untuk mengukir sejarah baru ini akan membuat penyelenggaraan yang terbaik dan berprestasi.

"Kita akan belajar ke daerah yang sudah sukses penyelenggaraan MTQ nasional ini, termasuk juga kita akan liat bagaimana Sumatra Barat yang menyelenggarakan MTQ ke-28 tahun 2020, rencananya pada Desember," paparnya.

Ia menilai, dengan banyak contoh itu, maka Kalsel akan banyak alternatif untuk membuat yang terbaik, di mana potensi itu banyak dimiliki Kalsel. Kalsel sendiri, menurut dia, pernah sukses menyelenggarakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional pada 2011, pada penyelenggaraan MTQ Nasional pada 2022 ini harus lebih sukses lagi.

Tidak hanya sukses di acara, untuk MTQ tingkat nasional tahun 2022 ini pun harus juga mengangkat ekonomi dan pariwisata di Kalsel. Karna diperkirakan kontingen peserta yang hadir pada MTQ Nasional 2022 itu lebih 1.800 qari dan qariah, belum lagi pendamping dan official lainnya.

Meski penyelenggaraan itu masih dua tahun lagi, namun sedari sekarang sudah harus mulai disiapkan segala infrastrukturnya, sebab event akbar ini akan penuh sejarah.

"Sejak ditetapkan kemarin provinsi kita terpilih jadi tuan rumah MTQ tingkat nasional, kita mulai koordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik untuk perhubungan, pariwisata dan lain-lainnya," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pemerintah provinsi dinilai masih perlu penyiapan dana yang cukup besar untuk suksesi kegiatan bertaraf nasional ini. "Kita sangat apresiasi terhadap Gubernur kita yang sangat bersemangat dan mendukung untuk menyukseskan MTQ tingkat nasional ini, beliau kita pastikan berkomitmen kuat untuk itu," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, ujar Noor Fahmi, Kalsel selalu masuk 10 besar dalam prestasi setiap MTQ tingkat nasional yang dihelat dua tahun sekali tersebut. (mga/Antara)

 

Baca juga:

Menag Launching MTQ Nasional ke-28 di Kota Padang, Ini Pesannya


Back to Top