Hasil Survei: 66 Persen Pemuda 34 Tahun di Saudi Masih Lajang

gomuslim.co.id – Sebuah survei tentang perubahan sikap sosial dan budaya di negara tradisional menyatakan, Sebagian besar pria dan wanita muda di Arab Saudi masih lajang. Lebih dari 66 persen penduduk Kerajaan yang berusia antara 15-34 tahun belum menikah.

Dilansir dari publikasi MEMO, Selasa (11/8/2020), menurut Otoritas Umum Statistik Saudi, sebuah badan pemerintah yang bertanggung jawab atas kompilasi data dan melakukan survei nasional.

Sebuah laporan berjudul ‘Pemuda Saudi dalam Angka’ yang diterbitkan bertepatan dengan Hari Pemuda Internasional 2020, menemukan bahwa sebanyak 67 persen penduduk Kerajaan berada di bawah usia 34 tahun.

Populasi kaum muda yang meningkat ini kemungkinan besar akan memberikan tekanan kuat pada para penguasa negara itu untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Hanya 32 persen dari populasi dalam kelompok usia 15-34 yang Sudan menikah, angka yang mungkin mengejutkan banyak orang mengingat sifat konservatif negara tersebut.

 

Baca juga:

Arkeolog Temukan Gunung Berusia 37 Juta Tahun di Arab Saudi

 

Tidak seperti kebanyakan negara lain, pernikahan di bawah 18 tahun tidak dilarang di Saudi, tetapi pemerintah telah membatasi praktik tersebut dengan memperkenalkan undang-undang yang memerlukan persetujuan khusus dari pengadilan khusus untuk menentukan apakah pernikahan tersebut akan membahayakan anak di bawah umur yang bersangkutan dan apakah itu dibenarkan demi kepentingan terbaik mereka.

Jumlah pria yang belum menikah jauh lebih tinggi daripada wanita. Membandingkan kedua jenis kelamin, laporan tersebut menemukan bahwa 75,6 persen pria belum pernah menikah, sementara bagi wanita berjumlah 56 persen.

Di negara-negara mayoritas Muslim, perempuan menikah secara tradisional pada usia 25-34 tahun.

Alasan para pemuda menunda menikah adalah “biaya hidup yang tinggi” dan “biaya pernikahan yang tinggi”. Keinginan untuk menyelesaikan pendidikan disebut-sebut sebagai alasan tertinggi kedua. (hmz/memo)

 

Baca juga:

Keempat Kalinya, Arab Saudi Kirim Bantuan untuk Korban Ledakan Beirut


Back to Top