Turki Resmikan Masjid Berbentuk Bintang dan Bulan Sabit

gomuslim.co.id - Sebuah masjid berbentuk bintang dan bulan sabit akan dibuka untuk salat Jumat (8/7/2020) di provinsi Sivas pusat Turki.

Dilansir dari publikasi Daily Sabah, Jumat (7/8/2020), pembangun Masjid Yukarı Tekke Ay Yıldız yang dimulai pada tahun 2017 ini mampu menampung 3.500 jemaah di dalamnya dengan tambahan 4.900 di halamannya.

Dekorasi interiornya baru-baru ini selesai dengan peletakan karpet. Arsitektur masjid berbintang dan bulan sabit adalah yang pertama dari jenisnya di Turki.

 

Baca juga:

Miris, Masjid Bersejarah di Azerbaijan Kini Jadi Tempat Peternakan

 

Ornamen-ornamen Masjid Yukarı Tekke Ay Yıldız dilakukan oleh sekelompok wanita yang telah menghadiri kursus umum di Sivas. Hiasannya berupa lukisan huruf Arab Alif dan Waw yang dihiasi dengan seni filografi.

Kini keberadaan masjid di Turki semakin menarik, karena sebelumnya Hagia Sophia pun telah resmi dijadikan masjid oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Sama seperti Masjid Yukari Takke ay Yildiz, Hagia Sophia juga mengawali pembukaan menjadi masjid yaitu dengan melakukan salat Jumat bersama hampir semua uamt Islam di Turki. (Mr/Daily Sabah)

 

Baca juga:

Sharjah UEA Resmikan Islamic World Garden

 


Back to Top