Haji 2020 Berakhir, Jemaah Lakukan Tawaf Perpisahan

gomuslim.co.id – Jemaah haji melakukan Tawaf perpisahan pada Ahad malam (2/8/2020). Kegiatan tersebut menandai penyelenggaraan haji 2020 telah berakhir. Jemaah sebelumnya telah meninggalkan kota tenda Mina, setelah menyelesaikan lempar jumrah.

Dilansir dari publikasi Saudi Gazette Selasa (4/8/2020), beberapa jamaah menyatakan kegembiraan karena mendapatkan kesempatan emas memenuhi ibadah haji di antara terbatasnya jumlah karena pencegahan pandemi Corona yang ketat.

Jemaah memuji upaya luar biasa yang dilakukan pemerintah Arab Saudi dan semua lembaga terkait, dalam pelayanananibadah haji dengan mudah dan nyaman.

 

Baca juga:

Haji 2020 Sukses, Arab Saudi Berencana Izinkan Umrah

 

Meskipun haji ditutup secara resmi pada hari Senin, hari ketiga Tasyriq, para peziarah sudah diizinkan untuk pergi sehari sebelumnya.

Tim besar terdiri dari pasukan keamanan, personil Pertahanan Sipil serta petugas kesehatan terlihat di berbagai titik di Kompleks Jamarat, untuk mengawasi kelancaran pelaksanaan lempar jumrah.

Beberapa jamaah haji dari daerah-daerah akan tinggal selama beberapa waktu tergantung pada jadwal kendaraan kepulangan mereka.

Meskipun sempat diguyur hujan pada Hari Arafah, tapi ritual haji tetap dapat melaksanaan rangkaian ibadah haji dengan selamat. (hmz/saudigazette)

 

Baca juga:

2 Jemaah Asal Indonesia Gagal Haji karena Terinfeksi COVID-19


Back to Top