Lazismu UHAMKA Salurkan Daging Kurban ke Kawasan 3T

gomuslim.co.id – Merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (UHAMKA) melaksanakan penyembelihan dan penyaluran daging kurban selama dua hari.

Prosesi mulai dilaksanakan sejak dari 31 Juli – 3 Agustus 2020, dengan lokasi penyembelihan di tiga titik, di antaranya di Kampus Sekolah Pasca Sarjana UHAMKA, Fakultas Kedokteran UHAMKA, Kelurahan Kampung Rambutan, dan Kampus Farmasi Klender Jakarta Timur.

Wakil Rektor IV UHAMKA, Bunyamin mengatakan, penyaluran hewan kurban juga dilakukan di kawasan terluar, tertinggal dan terdepan (3T) dan kawasan Pak Kumis (padat, kumuh dan kantong-kantong kemiskinan), sebanyak 47 ekor kambing.

Menurutnya, lebaran kurban tahun ini terbilang istimewa karena dalam pengemasan daging kurban disajikan dengan ramah lingkungan. Ia juga mengungkapkan, Idul Adha tahun ini, UHAMKA berkerjasama dengan berbagai instansi lain seperti BSM, BMI, BMM, Askrindo Induk, Askrindo Mitra Utama dan Askrindo Syariah serta beberapa rekanan lainnya.

“Ada 3000 penerima manfat yang ditargetkan, dengan sistem penyaluran berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Daging kurban segar dikirimkan langsung ke rumah penerima manfaat, yang berkoordinasi dengan 20 Ketua RT (Rumah Tangga) untuk mendata penerima daging kurban. Untuk itu, wargapun tak perlu antre berlama-lama di kampus untuk memeroleh daging kurban,” paparnya.

 

Baca juga:

Dititip Lewat Lazismu, Warga Binaan Rutan Salemba Santap Daging Kurban dari TelkomGroup

Selain itu Bunyamin mengatakan, di program kurban kali ini, Lazismu UHAMKA juga menyediakan hewan kurban yang dihimpun dari pekurban, yang secara kolaboratif mengusung tema kurban ramah lingkungan (Go Green).

“Pemanfaatan besek yang terbuat dari bambu dengan alas daun pisang menjadi pilihan alternatif untuk menghindari sampah plastik. Ini satu langkah positif dari kita, mudah-mudahan bisa menjadi contoh untuk yang lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Lazismu UHAMKA, Nandi Rahman menyampaikan bahwa tahun ini Lazismu Uhamka menyediakan hewan kurban sebanyak 13 ekor sapi dan 13 ekor kambing yang disembelih di UHAMKA.

Sementara itu, Nandi merinci dari 47 ekor kambing yang didistribusikan ke kawasan 3T plus 2 ekor sapi sebagai amanah dari Bank Muamalat dan BMM, diolah menjadi rendang dalam kemasan.

Adapun kawasan 3T yang menjadi titik distribusi meliputi : Kubang Kondan Pandeglang 2 ekor kambing, Masamba Luwu Utara Sulawesi Selatan 3 ekor kambing, PRM Dahu Leuwiliang 2 ekor kambing, PRM Rawakalong Gunung Sindur Bogor 3/7 sapi, Gunung Sodong Leuwiliang 2 ekor kambing, Pesantren Mubarookah Rangkas Bitung Banten 3 ekor kambing, Gunung Sodong Leuwiliang 2 ekor kambing, SD Muhammadiyah Mentoro Jombang Jawa Timur 1 ekor kambing, dan distribusikan di Mushola Al-Istamar Banyuarum,  Desa Kauman, kecamatan kauman kabupaten Ponorogo Jawa Timur. 

Dalam kesempatan berbeda, untuk kawasan Pak Kumis meliputi Lemah Abang Bekasi 2 ekor kambing, MBS Jampang Bogor 2 ekor domba, Masjid Ruhama Cirendeu Ciputat 2 ekor + 1 ekor kambing, SMK Muhammadiyah Cariu Bogor 2 ekor kambing, Masjid Al-Anwar Bidara Cina Tanjung Lengkong 1 ekor kambing, Melalui PP Aisyiyah Jakarta 2 ekor kambing, PRM Dahu Leuwiliang 2 ekor kambing, Mushalla Nurul Fajri 1 ekor kambing, dan SD Muhammadiyah Mentoro Jombang Jawa Timur 1 ekor kambing.

“Kerjasama dengan beberapa perusahaan eksternal  dapat dijadikan media atau wadah atau ajang kegiatan sosial bagi perusahaan untuk memberikan nilai manfaat kepada masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan, hal senada juga disampaikan Wahidin, selaku koordinator pelaksana kurban di kampus FKIP UHAMKA, bahwa semua pihak yang berpartisipasi dalam program kurban yang berlangsung lancar merupakan wujud dari bentuk kepedulian bersama untuk berkontribusi kepada masyarakat yang masih terdampak wabah COVID-19. (mga/rls)

 

Baca juga:

BPKH Salurkan 50 Ekor Sapi Lewat Program Kurban Ketahanan Pangan Lazismu


Back to Top